Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. 16 persoalan diajukan Mathius ke DKPP
  • Senin, 15 Mei 2017 — 18:14
  • 1065x views

16 persoalan diajukan Mathius ke DKPP

“Dari 16 pokok persoalan yang kita ajukan ini semuanya mengerucut kepada dasar rekomendasi yang dikeluarkan oleh Panwas Kabupaten terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang atau PSU,” katanya di Sentani, Senin (15/5/2017).
Para penyelenggara yang diambil sumpahnya menjadi saksi dalam sidang DKPP – Jubi/IST
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Sentani, Jubi – Pelaksanaan pilkada Kabupaten Jayapura 15 Februari 2017 masih menyisakan persoalan dan belum ada hasil yang jelas. 

Pada 12 Mei 2017 dalam sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta pasangan calon nomor urut 2 Mathius Awoitau dan Giri Wijiantoro (Mario) sebagai pengadu mengadukan Ketua Panwas dan KPU Kabupaten Jayapura.
Menurut Mathius ada 16 pokok persoalan yang diajukan pihaknya. 

“Dari 16 pokok persoalan yang kita ajukan ini semuanya mengerucut kepada dasar rekomendasi yang dikeluarkan oleh Panwas Kabupaten terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang atau PSU,” katanya di Sentani, Senin (15/5/2017).

Menurutnya banyak pertanyaan diajukan kepada Ketua KPU dan Panwas Jayapura, tetapi tak mampu dijawab sesuai data yang akurat. 

Proses sidang berlangsung alot sebab ditangani para pakar yang membuat aturan pelaksanaan pilkada di Indonesia.

“Misalnya ketua KPU yang berdebat soal adanya KPPS siluman, ketika ditanya siapa yang berhak mengangkat dan memberhentikan penyelenggara di tingkat bawah, Ketua KPU tidak mampu menjawab dan membuktikannya dengan dasar, serta aturan yang berlaku,” katanya. 

Hal yang sama juga ditanya kepada Ketua Panwas terkait dasar dan pasal dikeluarkannya rekomendasi untuk PSU. 

“Ketua Panwas juga tidak bisa memberikan jawabannya, sidang ini dipimpin langsung oleh para pakar yang benar-benar mengatahui semua aturan main yang dikleuarkan dalam proses pilkada di Indonesia. Kita tidak bisa bersandiwara dan mengada-ada dengan aturan apalagi sampai mengatakan PSU harga mati,” katanya. 

Ketua Majelis DKPP Jimly Ashiddiqie mengatakan dalam proses sidang, sebelum pengambilan sumpah sebagai saksi, sepuluh penyelenggara pemilu di tingkat bawah itu menyatakan siap menerima konsekuensi menjadi saksi. Kemudian Majelis DKPP menyatakan memberhentikan mereka sebagai pelaksana pemilu dan mengambil sumpah sebagai saksi untuk memberikan keterangan bagi pengadu.

“Sebagai konsekuensi dari menjadi saksi, mereka harus diberhentikan terlebih dahulu dari jabatannya masing-masing, kemudian diambil sumpah, karena keterangan yang akan mereka berikan akan lebih menguntungkan pengadu,” katanya. 

Kesepuluh penyelenggara Pemilu di tingkat bawah yang diberhentikan Majelis DKPP itu masing-masing memegang jabatan sebagai ketua dan anggota panwaslu tingkat distrik, ketua dan anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka berasal dari 10 distrik di Kabupaten Jayapura.

Sidang DKPP untuk sengketa pemilihan kepala daerah yang diadukan oleh pasangan calon nomor urut dua, Mathius Awoitauw dan Giri Wijayantoro terhadap Ketua KPUD Lidia Maria Mokay dan Ketua Panwaslu Kabupaten Jayapura, Ronald Manoach akan dilaksanakan pada waktu berikutnya yang belum ditentukan. Pada sidang berikutnya itu akan menghadirkan KPUD dan Bawaslu Provinsi Papua untuk memberikan keterangan. (*)

loading...

Sebelumnya

Tiap OPD diminta kejar target PAD

Selanjutnya

Pedagang Pasar Pharaa akan direlokasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 5133x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2827x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2722x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe