Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Belum ada laporan perbankan Papua diserang Wannacry
  • Selasa, 16 Mei 2017 — 11:26
  • 398x views

Belum ada laporan perbankan Papua diserang Wannacry

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Joko Supratikto mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan atau mendengar adanya perbankan di Papua mendapatkan serangan wannacry.
Seminar Peningkatan Peran BUMD dalam Mendorong Perekonomian Provinsi Papua yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua di Jayapura, Senin (15/5/2017) – Jubi/ Sindung Sukoco.
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi - Wabah virus komputer jenis ransomware bernama Wanna Decryptor atau Wanna Cry yang menjadi viral di jagad dunia, ini belum masuk dan merusak sistem perbankan di Papua.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua Joko Supratikto mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan atau mendengar adanya perbankan di Papua mendapatkan serangan wannacry.

"Kemarin malam kita lakukan standby di seluruh Indonesia, kita diminta meng-update Windows terbaru terutama patch dan antivirus, termasuk komputer yang berkaitan dengan perbankan seperti sosa, kliring, dan rtgs, dan kita hingga saat ini belum mendapatkan laporan adanya gangguan dari virus yang terdeteksi pertama di dunia menyerang komputer di rumah sakit Inggris ," ujarnya Senin 15/5/2017).

Terkait dengan perbankan lainnya, kata Joko, itu tergantung dengan im IT mereka masing-masing dan semua hampir sama pelaksanaannya, yaitu updating Windows dan antivirus. 

"Kami harap ini tak berpengaruh," ujarnya.

Kepala Cabang Bank Panin Jayapura Puguh Santoso mengatakan, pihaknya juga melakukan hal yang sama dengan BI, Cuma bedanya hanya pelaksanaanya dilakukan terpusat.

"Kami lakukan updating Windows dan antivirus, namun dilakukan di Jakarta, sebab kita kan terpusat, dan saat ini belum ada laporan terkait serangan Wannacry,kita aman-aman saja," lanjutnya.

Mitra perbankan, Jasa Raharja Papua melalui Kepala Bidang Humas PT Jasa Raharja Papua Papua Imanuel Bandi mengatakan, Jasa Raharja juga sudah melakukan upaya konkret untuk menghindari virus melalui kantor pusat di Jakarta.

"Dan baru 30 menit diperbolehkan diakses dan kami lanjutkan kerja," katanya.

Ia mengaku kejadian kurang lebih satu minggu lalu ada sedikit pemasalahan di sistem perbankan tak bisa diakses. Namun sudah bisa ditangani. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

PON XX terancam kekurangan kamar hotel

Selanjutnya

BUMD diharapkan bisa ikut menjaga harga di Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua