Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. LIPI Wamena: Ubi jalar berpotensi tambah penghasilan masyarakat
  • Selasa, 16 Mei 2017 — 22:49
  • 1535x views

LIPI Wamena: Ubi jalar berpotensi tambah penghasilan masyarakat

Wamena, Jubi – Stasiun Penelitian dan Alih Teknologi LIPI Wamena mengatakan potensi menanam ubi jalar di Kabupaten Jayawijaya cukup baik dan dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.
Pendamping Kebun Raya Biologi Wamena, Ar. Soekarno memperlihatkan salah satu hasil karya masyarakat yang membuat hipere menjadi keripik-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Stasiun Penelitian dan Alih Teknologi LIPI Wamena mengatakan potensi menanam ubi jalar di Kabupaten Jayawijaya cukup baik dan dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Ubi jalar atau hipere itu tidak hanya harus dibakar dan digoreng, tetapi bisa dijadikan bentuk makanan lainnya dengan bahan dasar ubi jalar seperti donat, cake dan lainnya,” ujar pendamping Kebun Raya Biologi Wamena, Ar. Soekarno, S.Si dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wamena, Selasa (16/5/2017).

Pada April 2017, LIPI Jayawijaya telah mempraktekan pembuatan makanan lain berbahan ubi jalar kepada kelompok tani di daerah tersebut. Salah satu hasilnya adalah makanan ringan bermerek Rchipee Cokies. Ada juga beberapa jenis makanan lain telah dipasarkan oleh mama-mama, dan dipamerkan di Bogor.

Dua kelompok pembinaan yang telah aktif adalah di Distrik Wesaput dan Pikhe. “Sudah ada yang buat donat berbahan hipere dan untuk pemasarannya memang agak susah jadi mereka jual ke setiap sekolah, dan kegiatan ini sudah berjalan sebulan,” kata Soekarno.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pelatihan melalui LPM dan hal ini disesuaikan dengan kelompok yang aktif. Sedangkan untuk peran pemerintah Jayawijaya, pihaknya telah bekerjasama dengan Bappeda dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Wamena.

Di sisi lain pemerintah Kabupaten Jayawijaya di tahun ini juga konsen terhadap bidang pertanian. Masyarakat diajak untuk terus berkebun guna mengisi ketersediaan pangan khususnya di Jayawijaya.

Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R Banua mengatakan pihaknya terus mendukung pengembangan lahan-lahan perkebunan baru.

"Seluruh kelompok tani yang ada di wilayah Jayawijaya bersama-sama membantu pemerintah dalam penyediaan pangan untuk kebutuhan konsumen, termasuk dalam menanam ubi jalar di kalangan masyarakat untuk kebutuhan pangan bagi masyarakat itu sendiri,” kata Jhon Banua. (*)

 

 
 

 

#

Sebelumnya

Demam nyalakan 1000 lilin hingga ke Wamena

Selanjutnya

Warga Maluku se-Pegunungan Tengah Papua rayakan dua abad Pattimura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe