Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Warga Maluku se-Pegunungan Tengah Papua rayakan dua abad Pattimura
  • Rabu, 17 Mei 2017 — 07:14
  • 1131x views

Warga Maluku se-Pegunungan Tengah Papua rayakan dua abad Pattimura

Wamena, Jubi - Ribuan warga Maluku se-pegunungan tengah Papua, Senin (15/5/2017) malam memperingati 200 tahun (dua abad) semangat Pahlawan Nasional Indonesia Kapitan Pattimura, di Lapangan Pendidikan Wamena.
Ketua Ikatan Keluarga Maluku se-Pegunungan Tengah Papua, Chirstian Sohilait ketika menerima obor Pattimura saat perayaan di Waena. (Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi - Ribuan warga Maluku se-pegunungan tengah Papua, Senin (15/5/2017) malam memperingati 200 tahun (dua abad) semangat Pahlawan Nasional Indonesia Kapitan Pattimura, di Lapangan Pendidikan Wamena.

Puncak peringatan hari Pattimura di Wamena, dihadiri tua-tua adat dari Maluku Utara, Maluku Tenggara, Tengah dan Maluku Tenggara Barat dan dihadiri pula oleh Asisten II Sekda Provinsi Maluku, Maritje Lupulalan, Sekda Kabupaten Jayawijaya.

Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) se-Pegunungan Tengah Papua, Chirstian Sohilait mengatakan, perayaan dua abad itu dilakukan melalui semangat Kapitan Pattimura melawan penjajahan, sehingga warga Maluku bisa berada di rantauan tanah Papua.

Atas keteladanan Pattimura itulah, Chirstian mengimbau seluruh masyarakat Maluku di Pegunungan Papua untuk menjadi teladan dalam berbagai sektor pembangunan di Papua.

"Saya mau sampaikan bahwa kita ini adalah orang yang menjadi teladan yaitu Pattimura. Ingat kita ada di rantau, perjuangan kita bukan dengan fisik tetapi dengan semangat otak dan dan yang ketiga, semangat Pattimura dua abad yang lalu, harus terus berkobar seperti obor yang kita nyalakan malam ini," katanya.

Gubernur Provinsi Maluku melalui Asisten II Sekda Provinsi Maluku, Maritje Lupulalan dalam sambutanya mengatakan, api semangat Kapitan Pattimura adalah dasar bagi warga Maluku untuk bersama-sama elemen bangsa lainnya, dalam melanjutkan cita-cita perjuangan nasional.

"Sebelum ajalnya tiba ia berkata, Pattimura tua akan mati, tetapi akan bangkit lagi Pattimura muda untuk meneruskan perjuangan ini. Saya ingin menghimbau semua basudara (bersaudara) di tanah Papua, khususnya di pegunungan tengah Papua agar terus memaknai ikrar janji tersebut dalam kerja dan karya yang nyata," ujarnya.

Melalui peringatan Pattimura Ke- 200 tahun, kata dia, warga Maluku se-pegunungan tengah Papua berkomitmen mempertahankan perjuangan Pattimura dan mendukung pembangunan pemerintah.

Sementara Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo mewakili Bupati mengungkapkan, dengan semangat Pattimura warga Maluku bersama seluruh kerukunan khususnya di pegunungan tengah ini hendaknya tetap tertanam dalam mendukung pembangunan di pegunungan tengah ini.

“Pemerintah menyadari tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan masyarakat termasuk warga Maluku, untuk memajukan pembangunan kepada masyarakat khususnya di Jayawijaya ini,” kata Walilo. (*)

 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

LIPI Wamena: Ubi jalar berpotensi tambah penghasilan masyarakat

Selanjutnya

Ajukan pemekaran, jangan atasnamakan Kepala Suku Yali‎

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe