Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Tak hanya kuliah, pemuda Pegunungan Bintang ini juga buka usaha
  • Kamis, 18 Mei 2017 — 11:37
  • 5126x views

Tak hanya kuliah, pemuda Pegunungan Bintang ini juga buka usaha

“Saya punya dua tujuan, selain melayani pembeli juga mengajarkan adik-adik saya untuk membuat sesuatu yang dianggap tidak bisa,” ucapnya kepada Jubi, Rabu (17/5/2017).
Yan Taplo berdiri di kiosnya - Jubi /Yance Wenda
Yance Wenda
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sentani, Jubi – Datang dari Pegunungan Bintang ke kota, Yan Taplo tak hanya untuk kuliah, tapi juga membuka usaha. Ia membentuk kelompok usaha kecil-kecilan untuk memajukan ekonomi, sekaligus menghapus anggapan Orang Asli Papua tidak bisa berusaha.

“Saya punya dua tujuan, selain melayani pembeli juga mengajarkan adik-adik saya untuk membuat sesuatu yang dianggap tidak bisa,” ucapnya kepada Jubi, Rabu (17/5/2017).

Yan dan adik-adiknya pada mulanya bekerja membersihkan jalan di Kabupaten Jayapura dengan 13 mesin babat yang dimilikinya. Inilah modal awalnya.

Tamat dari Sekolah Tinggi Kristen (Stakin) Sentani, ia mengajak adik-adiknya membentuk Kelompok Terpadu Mandiri yang banyak melakukan usaha kecil, yaitu usaha ternak babi dan kios “Yepmum”.

“Kami berencana ke depan membuka satu tempat depot air isi ulang, namun masih rencana karena membutuhkan biaya yang besar,” katanya.

Tempat usahanya baru berjalan satu bulan, karena itu barangnya masih sedikit. Ia berencana akan memasukkan barang tambahan dan dari penjualan akan ditambah lagi.

Yan berharap pemerintah dapat melihat OAP yang melakukan usaha-usaha kecil, dan memberikan batuan yang layak OAP dapatkan.

“Sekarang kita mau dapat bantua dana untuk buka usaha itu susah, jadi mau dan tidak kita harus berusaha sendiri dan membuktikan kalau kita itu bisa, usaha seperti ini juga demi masa depan anak-anak saya, ke depan saya tidak mau mereka alami apa yang sudah saya alami,” katanya.

Marten, seorang warga mengaku bangga ada orang Papua yang bisa membuka usaha.

“Yang hebatnya itu mereka mau melakukan itu dengan uang mereka sendiri, bukan dari modal yang dipinjamkan atau pergi pinjam kemana pun,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Nelayan Distrik Demta memilih langsung jual ikan di pinggir jalan

Selanjutnya

Tanggungjawab perusahaan di Papua dipertanyakan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 2847x views
Domberai |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 2594x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1504x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1298x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe