Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Bamuskam harus lakukan tugasnya dengan baik
  • Kamis, 18 Mei 2017 — 14:28
  • 1031x views

Bamuskam harus lakukan tugasnya dengan baik

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya berpesan kepada Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) agar melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai pengontrol dan pengawas anggaran kampung.
Sekretaris Kota Jayapura ketika membuka Bintek Bamuskam di salah satu hotel di Kota Jayapura, Selasa (16/5/2017) – Jubi/Dok.
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya berpesan kepada Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) agar melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai pengontrol dan pengawas anggaran kampung.

“Apapun yang akan dibelanjakan untuk kampung wajib untuk dipertanggungjawabkan dengan baik. Untuk itu, Bamuskam mempunyai peran sangat penting. Sehingga BPMPK menyelenggarakan Bimtek khusus bagi Bamuskam,” katanya kepada Jubi di Kota Jayapura, belum lama ini.

Katanya, untuk melaksanakan dan menyusun pertanggungjawaban serta evaluasi, sudah harus diatur dalam perwal (peraturan wali kota). Maka dari itu, dilakukan bimbingan teknis (bimtek) agar Bamuskam mengetahui tugas dan fungsinya.

“Bamuskam itu seperti Dewam Perwakilan Kampung, MPR kampung. Representasi dari semua masyarakat yang ada di kampung itu, yang dikelompokkan mewakili masyarakat kampung. Karena itu, anggota Bamuskam itu harus ikut bersama dengan pemerintahan untuk memberikan masukan-masukan, memberikan kontribusi pemikiran ke kampung itu,” katanya.

Rasmus Siahaya mengatakan, kegiatan-kegiatan yang hendak dilakukan dapat disinkronkan. Sehinga dari situ dapat menyusun RPJMK, RKPK dan musyawarah bersama dalam menyusun anggaran kampung.

Pihaknya juga mengawasi fungsi budgeting, pengwasan dan legislasi atau peraturan kampung.

“Saya harap beberapa materi yang diterima bisa diterapkan dengan hati. Agar berkat datang yaitu berkat yang mensejahterahkan,” katanya.

Ia juga berharap agar kepala kampung dan perangkatnya harus kompak. “Jangan bersekutu tapi tidak rukun,” katanya.

Sehari sebelumnya, Selasa, dilakukan bimtek untuk anggota Bamuskam. Salah satu peserta menilai kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman untuk melakukan pengontrolan anggaran kampung.

“Kami berharap setelah kegiatan ini digelar dapat kami merealisasikan materi materi yang akan kami terima di lapangan. Sebab materi ini sangat penting bagi kami yang berkeja di Bamuskam,” katanya. (*)


 


 

#

Sebelumnya

Dana kampung akan dicairkan dua tahap

Selanjutnya

Bupati Awoitauw pantau kesiapan pasar Pahara Sentani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe