Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ibukota
  3. Pemerintah berusaha pulangkan 106 jemaah haji dari Filipina
  • Selasa, 04 Oktober 2016 — 14:38
  • 1572x views

Pemerintah berusaha pulangkan 106 jemaah haji dari Filipina

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan saat ini pemerintah sedang menangani proses pemulangan 106 jemaah haji Indonesia yang menggunakan kuota Filipina.
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. -- tempo.co
ANTARA
Editor : Lina Nursanty
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jakarta, Jubi - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan saat ini pemerintah sedang menangani proses pemulangan 106 jemaah haji Indonesia yang menggunakan kuota Filipina.

"Di Manila (Filipina) saat ini sudah ada 106 jamaah. Mereka berada di KBRI Manila untuk proses akhir," kata Retno usai mendampingi presiden menerima penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) dari 18 negara di Istana Merdeka, Selasa (4/10/2016).

Retno mengungkapkan 106 jemaah haji tersebut sedang menyiapkan dokumen-dokumen untuk kepulangan yakni SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor).

"Jadi seperti proses yang sebelumnya, tetapi dipercepat. Mereka bisa kembali setelah ada 'clearance' dari imigrasi dan telah itu kita mengeluarkan dokumen SPLP karena saya perkirakan paspor hampir semuanya tidak tidak berada di tangan mereka," ungkap Menlu.

Sebelumnya, pemerintah Filipina menyebut ada sekitar 700 warga negara Indonesia yang berangkat haji secara ilegal dengan memalsukan identitas negara tetangga tersebut.

Retno mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri baru mendata 106 WNI yang telah selesai menunaikan ibadah haji di Arab Saudi yang tak bisa langsung pulang ke Indonesia karena harus menjalani proses pemeriksaan di Filipina.

"Dulu angka yang diperkirakan otoritas Filipina sekitar 700 orang, tapi kan kita tidak pernah tahu angka tepatnya. Jadi sekarang yang ditangani KBRI ada 106 orang dan sedang dalam proses pemulangan," katanya.

Sedangkan masalah 177 jemaah haji yang tertangkap karena menggunakan paspor Filiphina, kata Retno, prosesnya sudah selesai. "Tadi pagi ada dua tiba di Jakarta. Sudah saya laporkan kepada Presiden bahwa penanganan 177 calon jemaah haji sudah selesai," katanya.

Pemerintah telah memulangkan 177 WNI yang ketahuan hendak menggunakan kuota haji Filipina. Mereka dipulangkan kembali ke Indonesia secara bertahap setelah menjalani proses pemeriksaan yang panjang. Terkait dengan hukum, Retno mengatakan bukan kompetensi Kementerian Luar Negeri. "Proses selanjutnya itu akan ditangani oleh kepolisian," kata Retno. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Luhut lapor hasil kunjungannya ke AS

Selanjutnya

Irman ungkap hubungannya dengan Memi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe