Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Penerimaan casis Polri prioritaskan OAP jangan hanya slogan
  • Kamis, 18 Mei 2017 — 15:04
  • 1571x views

Penerimaan casis Polri prioritaskan OAP jangan hanya slogan

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi I DPR Papua, yang membidangi pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Wilhelmus Pigai menyatakan janji memprioritas 70 persen orang asli Papua dalam penerimaan calon siswa (casis) Polri di Papua jangan sekedar slogan.
Ilustrasi Para Pendaftar Casis Polri - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi I DPR Papua, yang membidangi pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Wilhelmus Pigai menyatakan janji memprioritas 70 persen orang asli Papua dalam penerimaan calon siswa (casis) Polri di Papua jangan sekedar slogan.

“Saya dukung pernyataan kapolda memprioritaskan 70 persen anak asli Papua dalam penerimaan casis Polri, tapi jangan hanya itu slogan, saya minta ada kualifikasi khusus untuk mereka. Persyaratannya jangan terlalu menyulitkan mereka. Harus ada semacam pengecualian," kata Pigai ketika menghubungi Jubi via teleponnya,

Menurutnya, ia mendapat pengaduan dari orang tua dan casis Polri yang gagal lalu, ada diantara mereka yang baru mendaftar namun gugur dengan alasan tinggi badan tidak memenuhi syarat dan lain sebagainya.

"Kadang juga disebut kesehatan mereka tidak memenuhi syarat. Padahal, mereka mengaku, sebelum mendaftar, sudah cek kesehatan dan hasilnya dinyatakan sehat," ujarnya.

Katanya, mereka yang lolos tes casis Polri harus benar-benar murni, bukan karena faktor uang. Selain itu, ada keluhan terkait banyaknya anak-anak dari luar Papua yang mendaftar casis Polri di Papua.

"Ini tidak boleh lagi, bisa anak-anak non Papua, tapi mereka yang lahir besar di Papua dan menetap di Papua. Jangan nanti mau tes baru datang ke Papua, itu tidak benar," katanya.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar menyatakan akan melanjutkan kebijakan pendahulunya dalam penerimaan casis Polri, memprioritaskan 70 persen anak asli Papua. Namun kata dia, selama ini kebijakan itu terkendala sumber daya manusia.

"Kami berharap target 70 persen untuk anak asli Papua ini tercapai. Paling tidak mendekati terget, karena selama ini, banyak anak asli Papua tak lolos seleksi," kata Kapolda Boy Rafli. (*)

#

Sebelumnya

Jangan atasnamakan pemuda Tabi untuk kepentingan politik

Selanjutnya

DPRP sebut Pemprov gagal tekan kematian OAP

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe