Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Petugas Puskesmas harus kunjungi ke rumah warga
  • Rabu, 17 Mei 2017 — 19:19
  • 1563x views

Petugas Puskesmas harus kunjungi ke rumah warga

“Misalnya keluarga perokok. Petugas harus memberikan penyuluhan tentang bahaya perokok bagi keluarga. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat,” katanya.
Para kepala puskesmas di lingkungan dinas kesehatan kabupaten nabire dalam acara sosialisasi program keluarga sehat – Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Nabire, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire Yulian Agapa menegaskan kepada petugas puskesmas untuk turun ke rumah warga. “Kalau petugas turun ke rumah, dia akan tahu keluahan apa yang dialami masyarakat,”ujarnya kepada Jubi, Selasa (16/5/2017).

Untuk itu, petugas di Puskesmas diharapkan tidak lagi menunggu pasien di Puskesmas. Saat turun ke rumah warga, petugas juga diminta membawa alat pengumpul data yakni kuisioner yang berisi pertanyaan dari 12 indikator  keluarga sehat. Data tersebut untuk mengetahui apa saja jenis penyakit dan situasi kesehatan di dalan setiap keluarga.

“Kami sudah sosialisasi kegiatan tersebut kepada kepala kepala puskesmas minggu lalu. Sehingga kegitan ini saat ini seharusnya sudah berjalan,” katanya.

Selanjutnya kata Yulian Agapa, hasil data tersebut akan dibuat sasaran pelayanan, lalu dilakukan pembinaan kepada keluarga.

“Misalnya keluarga perokok. Petugas harus memberikan penyuluhan tentang bahaya perokok bagi keluarga. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Tindaklanjut dari kegiatan itu, kata Yulian Agapa, petugas dapat mengetahui permasahalan kesehatan di dalam masyarakat. “Mereka bisa merencanakan  dan menetapkan kegiatan atau intervensi solusi permasalahan kesehatan dan memberikan penyuluhan sesuai dengan indikator kesehatan keluarga,” jelasnya.

Menurutnya, program keluarga sehat yang telah disosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sehat sesuai nawacita presiden jokowi khususnya di bidang kesehatan yaitu program keluarga sehat. yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Kepala bidang P2M Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori menambahkan setiap puskesmas harus mengetahui status kesetahan warga di wilayah kerjanya,

“Petugas harus tahu ada berapa banyak keluarga sesuai dengan indikator yang ada. Jadi paling lambat bulan depan petugas puskesmas sudah harus turun ke lapangan,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemkab Nabire apresiasi sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan kanker

Selanjutnya

Bupati Nabire akan turkam

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe