Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Papua Bangkit
  3. Gernas Manjur II resmi dicanangkan
  • Minggu, 21 Mei 2017 — 19:27
  • 1736x views

Gernas Manjur II resmi dicanangkan

Jayapura, Jubi - Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur II) resmi dicanangkan di Provinsi Papua pada Sabtu (20/5/2017). Hal ini dilakukan mengingat tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak sejak usia dini dan remaja 0-14 tahun masih sangat rendah.
 Bunda PAUD Provinsi Papua, Yulce Enembe foto bersama anak-anak didik - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

 

Jayapura, Jubi - Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur II) resmi dicanangkan di Provinsi Papua pada Sabtu (20/5/2017). Hal ini dilakukan mengingat tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak sejak usia dini dan remaja 0-14 tahun masih sangat rendah.

"Hal ini mendapat perhatian dari pemerintah dan juga bunda-bunda PAUD selaku ketua PKK di tingkat kabupaten dan Kota serta lembaga pegiat pendidikan PAUD, gereja lewat sekolah minggu dan komunitas lainnya," kata Bunda PAUD Provinsi Papua, Yulce Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurutnya, dalam mewujudkan generasi baru cerdas bertintegrasi perlu kaloborasi keluarga di rumah dan guru-guru di lembaga PAUD. Dalam mewujudkan hal tersebut Dinas Pendidikan dan Bunda PAUD Papua telah bekerjasama mengadirkan program unggulan yakni PAUD Terintregrasi Papua Cerdas Mandiri (PACEMA) yang perlu dikembangkan di tanah Papua disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah.

"Di dalam PAUD terintegrasi tersebut terdapat PAUD dan SD kelas 1-4, Posyandu, lifeskill dan Perpustakaan," ucapnya.

Untuk mewujudkan generasi emas Papua, Yulce Enembe mengajak orang tua, masyarakat, pemerintah, organisasi mitra dan khususnya seluruh PAUD di 29 kabupaten/kota di Ppaua untuk menyongsong generasi baru berintregrasi di tanah Papua.

"Sebab pendidikan karakter bagi anak usia dini sangatlah penting untuk membentuk karakter generasi masa depan Papua yang jujur, cerdas, santun dan bertanggungjawab," kata Yulce.

Ia tekankan, dalam menghadapi era globalisasi yang lebih modern perlu mempersiapkan anak-anak Papua lebih cerdas dan takut akan Tuhan.

"Namun semuanya itu kembali kepada keluarga, pembentukan watak anak saat masih di dalam kandungan," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan PAUD di Papua terutama di wilayah pedalam. PAUD dapat terintegrasi dengan sekolah minggu. Sebab, hal tersebut merupakan dasar bagi pendidikan anak usia dini.

"Namun untuk wilayah perkotaan PAUD terintegrasi dengan sekolah minggu sangat memungkin, karena dasar keagamaan sangat kuat dalam mempersiapkan anak sejak dini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Tanah Papua untuk memberi dukungan kepada lembaga PAUD. Hal tersebut dirasa penting agar lebih berkualitas serta mencapai kesiapan belajar di sekolah dasar, sehingga mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

"Kami imbau semua kabupaten/kota termasuk instansi apa saja yang ada di Papua harus mendukung PAUD. Itu wajib hukumnya," kata Wonda.

Ia menilai, keberadaan PAUD sangat vital dan penting bagi anak usia dini karena selain menyelenggarakan pendidikan yang menitikberatkan ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, sekaligus menciptakan daya pikir yang cerdas bagi mereka.

Di lain pihak, PAUD sangat berperan penting membentuk sikap emosional anak serta mengarahkannya kepada perilaku dan cara berkomunikasi yang lebih baik.

"Ini nyata, anak-anak banyak putus sekolah di SD karena sebelumnya tidak melalui PAUD. Intinya keberadaan PAUD adalah untuk memberi rangsangan pendidikan sekaligus membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani," tutupnya.(*)

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Gubernur Papua minta masyarakat tetap jaga keutuhan

Selanjutnya

Empat bupati dan satu wali kota terpilih pilkada serentak 2017 dilantik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe