Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Gubernur Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah
  • Selasa, 23 Mei 2017 — 15:12
  • 1184x views

Gubernur Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah

Biak, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe, Kamis (18/5/2017) lalu menyerahkan secara simbolis dana bantuan bagi perbaikan 320 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Biak dan 550 unit rumah di Kabupaten Supiori.
Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH menyerahkan secara simbolis dana BSPS kepada sejumlah penerima manfaat - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Biak, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe, Kamis (18/5/2017) lalu menyerahkan secara simbolis dana bantuan bagi perbaikan 320 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Biak dan 550 unit rumah di Kabupaten Supiori.

Program bertajuk Bantuan Stimultan Perumahan Swadaya (BSPS) ini diinisiasi Direktorat Jenderal Penyedia Perumahaan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyedia Perumahan Provinsi Papua.

“Tahun ini kita dapat 3.500 unit untuk dibantu perbaikan. Tahun depan kami targetkan naik jadi 5.000 rumah,” kata Gubernur Lukas saat acara penyerahan di halaman kantor Distrik Biak Kota.

Menurut Lukas, sebagian besar orang Papua tidak memiliki rumah layak huni. Kondisi itu berdampak pada buruknya derajat kesehatan masyarakat.

“Kita punya kayu banyak, hutan yang luas, tapi kenapa kita tidak bisa bangun rumah yang sehat? Sejak 2013, saya coba bangun perumahan di sepanjang Danau Sentani, Saya minta para pengusaha kayu sumbang dana bangun rumah-rumah itu dengan bahan dasar kayu dan sudah dibangun,” kata Lukas.

Kepala SNVT Penyedia Perumahan Provinsi Papua Malikidin Soltip mengatakan program Bantuan Stimultan Perumahan Swadaya (BSPS) diawali dengan pendataan rumah milik masyarakat berpenghasilan rendah.

“Selanjutnya diseleksi oleh kami, mana yang kami anggap masuk kategori tidak layak huni untuk diperbaiki,” kata Soltip.

Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai dan bahan bangunan. Terdapat  12 kabupaten yang menerima pada 2017 yakni Nabire, Biak, Supiori, Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, Tolikara, Deiyai, Merauke, Sarmi, Waropen, Kepulauan Yapen, dan Jayawijaya.

“Program ini menelan dana sekitar Rp80 miliar. Daerah pesisir per rumah Rp15 juta sedangkan daerah gunung Rp30 juta, dimana kita salurkan lewat rekening tabungan Bank Papua,” tutup Soltip.(*)

 
 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Biak dan Supiori tingkatkan pemeriksaan Malaria

Selanjutnya

Diduga dokumen pasokan tak lengkap, Satpol PP Nabire ‘tahan’ 25 ekor sapi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe