Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. DPD RI konsolidasi pembentukan DOB
  • Selasa, 04 Oktober 2016 — 17:32
  • 2223x views

DPD RI konsolidasi pembentukan DOB

"Pegunungan Bintang meliputi 46 kecamatan dan 546 kampung. Pada prinsipnya DOB itu ada di Kembu dan Bogoga," kata Amos.
Suasana Rapat Konsolidasi Nasional Pembentukan Daerah Otonom Baru - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jakarta, Jubi - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar rapat kerja dalam rangka konsolidasi nasional pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) dengan melibatkan Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Indonesia, di Gedung Nusantara V Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Rakonas dipimpin langsung oleh Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowan. Setelah dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan pemaparan nama-nama usulan DOB provinsi, kabupaten dan kota. Untuk jumlah provinsi sebanyak 15 calon DOB, kabupaten sebanyak 129 calon DOB dan untuk wilayah kota sebanyak 27 calon DOB. Total calon DOB yang diusulkan sebanyak 171 calon DOB.

"Tanpa DPD, pemekaran pasti tidak bisa dilakukan, itu amanat Undang Undang 23 Tahun 2014. Dalam hal ini mohon dipahami betul, dalam memperjuangkan DOB dasar yang dipakai adalah undang undang ini," kata Akhmad Muqowam.  

"Semoga tidak ada permasalahan dalam pembentukan otonomi baru, sehingga ini yang perlu saya konfirmasikan dan sampaikan kepada bapak ibu sekalian," tambahnya. 

Sementara itu, Bupati Kepulauan Yapen Toni Tesar, meminta usulan yang disampaikan ketua, usulan DOB jangan dimulai dari nol.

“Cukup amandemen sehingga tidak perlu membuat persiapan persiapan seperti yang diatur dalam undang undang yang baru, yang sudah ada dorong untuk jalan saja," kata Toni.

Toni mencatat pada pemekaran Papua Tengah, terdiri dari Kabupaten Mimika, Biak, Paniai, Waropen dan Yapen.

"Nampaknya Supiori tidak masuk dalam daftar dan bagaimana dengan posisi Nabire," ujarnya.

Untuk itu ia meminta agar kedua kabupaten itu patut dicermati posisi geografisnya.

"Kalau lihat posisi pemekaran ini, tolong nanti dikoreksi kalau salah di catatan ini, karena posisi Supiori tidak mungkin mengikuti induk, begiu juga Nabire, Mimika dan Paniai," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Toni mengaku mendengar sedikit lagi Pemerintah, DPR, MPR, dan DPD RI akan melakasanakan amandemen Undang Undang Dasar 1945, dan di dalam undang undang tersebut DPD juga ikut memberikan pertimbangan dalam usulan DOB, tanpa usulan juga sulit dan aturan tidak boleh.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Tolikara Amos Yikwa mengaku sangat mendukung apa yang sudah diputuskan oleh Komite I DPD RI terkait pembentukan DOB di Provinsi Papua.

"Pegunungan Bintang meliputi 46 kecamatan dan 546 kampung. Pada prinsipnya DOB itu ada di Kembu dan  Bogoga," kata Amos.

Ia katakan, Tolikara memiiki medan yang cukup berat, dan masih ada satu calon pemekaran tetapi belum masuk dalam daftar, yakni Cahaya Toli yang mana sementara sedang disusun.

"Pemekaran setiap tahun diusulkan, artinya kita sering bicarakan pemekaran tetapi belum pernah tuntas dengan baik, kami seluruh Papua Gubernur dukung penuh, untuk itu pemekaran di 2017 sudah harus tuntas," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pegunungan Bintang Decky Deal mengatakan ada kekeliruan penyebutan nama, mengingat DOB Ketemban adalah Pegunungan Bintang. Disamping itu, Pemda juga sudah setuju untuk pemekaran daerah itu.

"Mengingat wilayah NKRI-PNG, untuk itu didalam daerah DOB Ketemban ada delapan distrik. Dengan demikiab, pada kesempatan ini untuk disahkan dan perbatasan antara delapan distrik," kata Decky Deal. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

KPK diminta buka kantor perwakilan di Provinsi Papua

Selanjutnya

Inilah 29 DOB di Provinsi Papua yang diusulkan DPD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe