Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Hanya 20 pokja berpengalaman di Kota Jayapura
  • Rabu, 05 Oktober 2016 — 05:06
  • 439x views

Hanya 20 pokja berpengalaman di Kota Jayapura

“Kami (KLP) di sini punya pokjanya cuma 20 dan memang ada 90 pokja, tetapi yang punya sertifikat hampir semua memiliki. Namun sedikit yang mempunyai pengalaman atau keahlian sehingga tidak sama dengan 20 orang yang kami punya ini ditahap awal,” katanya, Senin (3/10/2016).
Ilustrasi - Dok. Jubi
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kepala Kantor Pengadaan Kota Jayapura Mathias B. Mano mengatakan dari 90 kelompok kerja (pokja) di Pemkot Jayapura hanya 20 pokja yang bersertifikasi sesuai pengalaman.

Kini ada edaran dari lembaga kebijakan barang dan jasa pemerintah bahwa sertifikasi yang sebelumnya berlaku 2-4 tahun, kini berlaku selamanya sehingga tak perlu diperpanjang lagi.

Pada tahun 2014 ada sekitar 50 pokja yang diseleksi dari 90 pokja. Namun dalam perjalanan pihaknya mengurangi menjadi 20 anggota pokja yang masih dipakai hingga sekarang.

Dikatakan, berhubungan dengan pembangunan, sertifikasi pokja sebagai awal pembangunan tersebut dan juga awal perencanaan dan pengadministrasian di dalam pemilihan penyedian atau para kontraktor mana yang akan mengerjakan.

“Kami (KLP) di sini punya pokjanya cuma 20 dan memang ada 90 pokja, tetapi yang punya sertifikat hampir semua memiliki. Namun sedikit yang mempunyai pengalaman atau keahlian sehingga tidak sama dengan 20 orang yang kami punya ini ditahap awal,” katanya, Selasa (4/10/2016).

Ia mengatakan hal ini juga terkait dengan jam terbang yang harus dilakukan dengan kegiatan-kegiatan. Ibaratnya banyak yang punya SIM tetapi tidak bisa membawa mobil.
Maka dari itu, pihaknya menggelar bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa atau sosialisasi. Namun pokja harus terilibat langsung. Menurutnya sekira 50 persen tenaga KLP di Dinas Pekerjaan Umum memiliki keahlian dalam menyusun kontrak.

“Mereka punya dasar yang sudah menggeluti dunia konstruksi mulai dari perencanaannya, proses pelaksanaan sampai pelaksanaan di lapangan sehingga mereka memahami betul seluk-beluk pekerjaan yang bersifat kontruksi,” ujarnya.

Dalam Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010, tidak dapat menjadi Pokja ULP/Pejabat Pengadaan dan PPK. PPK pada Kementerian/Lembaga/Instansi lain wajib memiliki Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa sejak Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 diberlakukan. Dalam hal PPK pada Kementerian/Lembaga/Instansi lain tersebut ditugaskan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat/Kabupaten/Kota, maka wajib memiliki sertifikat keahlian Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 1 Januari 2012. Sedangkan PPK pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota wajib memiliki sertifikat keahlian Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 1 Januari 2012 (pasal 127 huruf (b).

CPNS yang mempunyai Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dapat ikut dalam Panitia Pengadaan bila sudah berstatus PNS 100 persen, sesuai persyaratan dalam Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 tentang persyaratan anggota kelompok kerja ULP. CPNS tidak dapat menjadi pengelola pengadaan (PPK/Pejabat Pengadaan/Pokja ULP) bila belum berstatus PNS.

Kepala Seksi Jasa Konsultansi dan Jasa Lainnya Asep Akbar Mulyana Khalid mengatakan tugas pokok dan fungsi KLP Kota Jayapura ialah membantu wali kota dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pelayanan dan pembinaan pengadaan barang/jasa.

Saat ini KLP Kota Jayapura memiliki staf sebanyak 15 orang yang terdiri dari ASN sebanyak 9 orang dan staf non-ASN (pegawai kontrak) sebanyak 6 orang. Dari 9 orang ASN terbagi menjadi 5 orang pejabat structural dan 4 orang staf. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

BEM Fisip Uncen sebut YW punya riwayat gangguan jiwa

Selanjutnya

24 Oktober, penetapan calon Wali Kota Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe