Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Hendak dipasarkan ke Papua, 80 kg gula rafinasi disita Polres Gowa
  • Rabu, 31 Mei 2017 — 07:00
  • 1208x views

Hendak dipasarkan ke Papua, 80 kg gula rafinasi disita Polres Gowa

Penyegelan dan penyitaan barang bukti berupa gula rafinasi tidak sesuai peruntukan, dan ini dilakukan karena tim satgas menemukan dugaan pelanggaran undang-undang dalam distribusinya.
Ilustrasi penyegelan dan penyitaan gula rafinasi - IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Makassar, Jubi - Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kepolisian Resor Gowa, Sulawesi Selatan menyita 80 karung gula rafinasi yang sudah dikemas dan siapn dipasarkan ke beberapa daerah kawasan Indonesia timur seperti Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

"Setelah beberapa hari lalu ditemukan penjualan gula rafinasi di Kabupaten Jeneponto, kini anggota Satgas Pangan mengamankan (gula rafinasi) di Kabupaten Gowa dan jumlahnya lebih banyak," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di Makassar, Senin (29/5/2017).

Penemuan terkait aktivitas jual beli gula rafinasi di daerah itu terjadi setelah Satgas Pangan Polda Sulsel mengamankan dan menyita 5.000 ton gula rafinasi di gudang milik seorang pengusaha bernama Ridwan Tandiawan.

Penyitaan 5.000 ton gula rafinasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan keluarnya perintah dari Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono kepada seluruh jajaran Polres di 24 kabupaten/kota untuk melakukan razia serupa.

"Jadi razia itu dilakukan sore dan dipimpin Kasat Reskrim Gowa. Tim bergerak dan menemukannya di Toko Putra Tunggal, Kecamatan Pallangga. Dari temuan itu ada 80 sak atau 80 karung gula rafinasi," katanya.

Penyegelan dan penyitaan barang bukti berupa gula rafinasi tidak sesuai peruntukan, dan ini dilakukan karena tim satgas menemukan dugaan pelanggaran undang-undang dalam distribusinya.

Salah satu bentuk pelanggaran adalah gula rafinasi untuk industri dijual secara eceran dengan membuatkan kemasan khusus plastik satu kilogram berlabel "Sari Wangi".

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 75 Tahun 2015 tentang perdagangan antarpulau dan Nomor 117 Tahun 2015 tentang ketentuan impor gula, melarang jual beli gula rafinasi untuk konsumsi masyarakat karena diperuntukan bagi industri.(*)

loading...

Sebelumnya

Agar bisa produksi hingga 160 ribu ton per hari, ini tantangan pekerja Freeport

Selanjutnya

Pembela Kebebasan Sipil di Jakarta kecam penangkapan di Timika dan Merauke

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe