Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Pemerintah PNG bersiap hadapi fase El Nino
  • Kamis, 01 Juni 2017 — 13:47
  • 1142x views

Pemerintah PNG bersiap hadapi fase El Nino

Otoritas manajemen kebencanaan Papua Nugini sedang mempersiapkan diri akan kemungkinan terjadinya ancaman baru dari fase iklim El Nino.
Martin Mose, Direktur Pusat Penanggulangan Bencana Papua Nugini. /UNDP via RNZI
RNZI
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Port Moresby, Jubi – Otoritas manajemen kebencanaan Papua Nugini sedang mempersiapkan diri akan kemungkinan terjadinya ancaman baru dari fase iklim El Nino. Telah setahun sejak El Nino terakhir terjadi dan berdampak parah bagi negara-negara di Pasifik Barat.

Di Papua Nugini, El Nino tahun 2015 dan 2016 mengakibatkan kekeringan dan cuaca dingin ekstrim yang menyengsarakan lebih dari 2,4 juta penduduk atau sekitar 40 persen populasi. Mayoritas penduduk ini terdampak akibat kekurangan makanan dan terserang penyakit akibat tidak ada air bersih.

Lebih jauh lagi, banyak sekolah yang terpaksa ditutup karena kekurangan air dan banyak pelaku usaha yang mengalami kerugian. Untuk mengantisipasi terulangnya hal ini, pekan ini pemerintah dan otoritas manajemen kebencanaan menggelar pertemuan selama dua hari untuk mempersiapkan diri menghadapi El Nino yang kemungkinan akan membawa iklim lebih kering pada Agustus mendatang.

Pertemuan ini dilakukan setelah berbagai badan internasional memprediksi datangnya El Nino di paruh ketiga tahun 2017 nanti. Berdasarkan laporan ini, Kantor Perserikatan Bangsa-bangsa yang membidangi urusan hubungan kemanusiaan (OCHA) menunjukkan indikasi 50 persen peluang terjadinya El Nino pada Agustus nanti.

Bersama dengan Badan PBB yang mengurusi bidang pembangunan (UNDP), OCHA menggelar pertemuan antisipasi bencana yang disebabkan El Nino di Port Moresby.

Direktur Pusat penanggulangan bencana, Martin Mose mengatakan bahwa strategi yang mereka susun untuk menghadapi El Nino tahun ini mengambil pelajaran dari tahun 2015 dan 2016. “Formulasi strategi dan rencana aksi akan melibatkan seluruh mitra guna mendukung prioritas pemerintah Papua Nugini dan ini juga akan berdasar pada sektor dan lokasi terdampak,” tuturnya.

Menurut perwakilan UNDP di Papua Nugini, Roy Trivedy, persiapan dan antisipasi bencana adalah bagian terpenting. “Jika kita kembali menghadapi El Nino tanpa persiapan matang, bisa berdampak pada dampak kemanusiaan yang lebih buruk,” ucapnya. **

loading...

Sebelumnya

Taiwan tak mau kehilangan Pasifik

Selanjutnya

Dokumen resmi PACER Plus telah dirilis

Sebelumnya

Taiwan tak mau kehilangan Pasifik

Selanjutnya

Dokumen resmi PACER Plus telah dirilis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe