Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Dokumen resmi PACER Plus telah dirilis
  • Kamis, 01 Juni 2017 — 13:49
  • 1382x views

Dokumen resmi PACER Plus telah dirilis

Dokumen resmi kesepakatan perdagangan bebas di Pasifik (PACER Plus) baru saja dirilis ke publik.
Menteri Perdagangan Selandia Baru, Todd McClay. /RNZI
RNZI
Editor : Lina Nursanty

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Auckland, Jubi – Dokumen resmi kesepakatan perdagangan bebas di Pasifik (PACER Plus) baru saja dirilis ke publik. Menteri Perdagangan Selandia Baru, Todd McClay menyambut baik hal ini dan mengatakan bahwa ini akan membantu untuk menunjukkan keuntungan yang bisa dibawa PACER Plus bagi Selandia Baru dan negara-negara di Pasifik yang terikat dengan kesepakatan.

Selanjutnya, dokumen resmi ini akan ditandatangani oleh pihak-pihak terkait bulan depan dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi PACER Plus yang akan berlangsung di Tonga. Namun, PACER Plus masih menuai kritik tajam dari berbagai organisasi masyarakat sipil di Pasifik.

Menurut McClay, dokumen PACER Plus menunjukkan bahwa kesepakatan perdagangan bebas pertama di Pasifik itu telah sangat hati-hati memuat perjanjian perdagangan dan pembangunan yang akan bisa meningkatkan standar hidup, menciptakan peluang kerja dan menambah kapasitas ekspor di negara-negara kepulauan Pasifik.

Dengan kesepakatan PACER Plus, Selandia Baru akan dikenai tarif ekspor yang lebih rendah untuk mayoritas komoditas ekspor tradisionalnya. Hal ini jelas akan menghemat pengeluaran para eksportir sebesar jutaan dolar per tahun.

Pada 30 Mei lalu, puluhan kelompok lembaga swadaya masyarakat di Pasifik menyatakan diri untuk melawan kesepakatan perdagangan bebas di Pasifik, PACER Plus. Mereka berpendapat bahwa PACER Plus akan gagal dan merugikan rakyat Pasifik. 

Dalam sebuah surat terbuka, 60 kelompok organisasi sipil dan 233 individu mengatakan bahwa PACER Plus akan gagal jika tidak ada studi yang layak terkait dampak dari kesepakatan tersebut terhadap kesehatan, sumber daya alam dan lingkungan di masing-masing negara Pasifik.

Mereka juga mengkritisi tiadanya diskusi publik terkait dampak-dampak potensial seperti yang mereka khawatirkan. **

loading...

Sebelumnya

Pemerintah PNG bersiap hadapi fase El Nino

Selanjutnya

Samoa rayakan HUT kemerdekaan ke-55

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe