Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemprov Papua gelar upacara hari lahir Pancasila
  • Kamis, 01 Juni 2017 — 18:59
  • 1621x views

Pemprov Papua gelar upacara hari lahir Pancasila

Dalam sambutan Presiden Joko Widodo yang dibacakan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menegaskan, upacara  ini meneguhkan komitmen setiap warga negara agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Suasana upacara memperingati hari lahirnya Pancasila di lingkup pemerintahan provinsi Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
Editor : Yuliana Lantipo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua menggelar upacara bendera memperingati hari lahirnya Pancasila bersama segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), di Halaman Kantor Gubernur Jalan Soa Siu Dok II Jayapura, Kamis (1/6/2017).

Dalam sambutan Presiden Joko Widodo yang dibacakan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menegaskan, upacara  ini meneguhkan komitmen setiap warga negara agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kemudian, Pancasila, juga ditegaskan merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila 18 Agustus 1945.

"Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita," katanya.

Harus diingat, ujarnya, kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. “Dari Sabang  sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhineka tunggal ika-an kita," tambahnya.

Menurutnya, saat ini kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan, ujian bagi kebinekaan Indonesia.

"Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong," ucapnya.

Untuk itu, kata Presiden Jokowi, rakyat Indonesia perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme danperang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, Indonesia bisa terhindar dari masalah tersebut. 

Jokowi mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh  masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri  serta seluruh  komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

"Kita juga harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang  Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRl, Anti-Bhineka Tunggal Ika.  Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi lndonesia," tambahnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pelaksanaan RUPS Bank Papua ditunda hingga Juni

Selanjutnya

Pemprov Papua belum terima LHP 2016 dari BPK

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe