Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Perlu sinergitas antara pihak bandara dan maskapai untuk keamanan bersama
  • Jumat, 02 Juni 2017 — 14:45
  • 1186x views

Perlu sinergitas antara pihak bandara dan maskapai untuk keamanan bersama

“Tentunya, draft yang nantinya disetujui itu bukan hanya berlaku di Wamena saja, tetapi berlaku di seluruh Indonesia khususnya bagi Bandara yang melayani kegiatan penerbangan misionaris,” terangnya.
Pemeriksaan yang dilakukan pihak Bandara Wamena terhadap penumpang di maskapai MAF di Wamena-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Yuliana Lantipo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Wamena, Jubi – Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Klas I Wamena, Rasburhani mengatakan perlu adanya sinergitas bersama antara pihak otoritas bandara Wamena dengan seluruh maskapai yang ada, baik penerbangan regular, penerbangan cargo maupun misionaris.

“Bandara harus selalu bekerjasama dengan maskapai penerbangan misionaris terkait singergitas penanganan keamanan penerbangan. Sampai hari ini berjalan dengan bagus dan hapan kami bahwa kerjasama yang sudah kami wujudkan ini untuk mendukung sinergitas tadi, nanti didukung oleh aturan penerbangan misionaris yang khusus mengatur tentang keamanan,” katanya saat tinjau lapangan di kantor maskapai misionaris MAF, Kamis (1/6/2017)..

Ia menuturkan, pihak otoritas bandara beserta stakeholder terkait telah membuat tim untuk merancang draft keputusan tentang penanganan keamanan penerbangan misionaris. Setelah disepakati, kesepatan itu akan disampaikan ke Dirjen Perhubungan Udara untuk bisa disahkan dalam rangka mendukung program siregritas ini.

“Tentunya, draft yang nantinya disetujui itu bukan hanya berlaku di Wamena saja, tetapi berlaku di seluruh Indonesia khususnya bagi Bandara yang melayani kegiatan penerbangan misionaris,” terangnya.

Penerbangan misionaris secara umum diakui tidak ditemukan permasalahan terkait keselamatan penerbangan. Namun otoritas Bandara Wamena menilai ada indikasi jasa tersebut digunakan penumpang untuk membawa barang terlarang seperti minuman keras, senjata tajam dan sejenisnya.

“Jika tidak dilakukan pemeriksaan yang ketat, ini bisa menjadi ancaman bukan hanya untuk kegiatan penerbangan tetapi juga keamanan secara umum yang ada di Papua,” ucapnya. “Makanya, dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat, maskapai selaku operator kami selaku regulator harus saling sinergi, sehingga apa yang kita takutnya atau diindikasikan bisa terjadi bisa dihindari ataupun ditiadakan, sehingga perlu diantisipasi dari awal,” tegasnya.

Kepala Kantor MAF Wamena, Edison Tjiko mengatakan pengawasan pemeriksaan waktu check in dan penumpang ke ruang tunggu hingga naik pesawat selama ini berjalan baik sesuai aturan dari pemerintah. Hanya saja pihaknya akui masih ada beberapa kekurangan, khususnya keterbatasan dengan alat-alat pemeriksaan penumpang dan barang.

“Selama ini kami masih lakukan pemeriksaan secara manual, tetapi semua itu sudah berjalan dengan baik. Kami pun berterima kasih kepada kepala bandara langsung turun lapangan mengecek kegiatan yang kami buat setiap hari, dengan adanya kunjungan ini kami bisa mendapat masukan apa yang kurang dalam pelayanan kami, boleh meningkatkan pelayanan kami lebih baik lagi,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Guru Lanny Jaya peringati hari anak dunia

Selanjutnya

Anak muda Jayawijaya belajar bikin film dokumenter

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe