Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kominfo ajak siswa buat konten positif melalui internet sehat
  • Minggu, 04 Juni 2017 — 18:25
  • 1514x views

Kominfo ajak siswa buat konten positif melalui internet sehat

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Samiyanan Sambora di Sentani, Minggu (4/6/2017) mengatakan, medsos belakangan ini menjadi konsumsi publik, baik yang sifatnya positif maupun negatif. Namun informasi di medsos kerap tak berdasarkan bukti akurat, sehingga harus menjadi pertimbangan semua pihak.
Sejumlah pelajar yang mengikuti sosialisasi internet sehat di aula SMK N 1 Sentani – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Sentani, Jubi – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura mengajak para siswa/i untuk membuat konten postif melalui internet sehat.
 
Ajakan ini mengemuka dalam sosialisasi yang digelar Kominfo di aula SMKN 1 Sentani, Jumat (2/6/2017). Sosialisasi dilakukan untuk mencegah pelajar menggunakan konten-konten negatif di media sosial (medsos).
 
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Samiyanan Sambora di Sentani, Minggu (4/6/2017) mengatakan, medsos belakangan ini menjadi konsumsi publik, baik yang sifatnya positif maupun negatif. Namun informasi di medsos kerap tak berdasarkan bukti akurat, sehingga harus menjadi pertimbangan semua pihak.
 
“Dari apa yang sudah kita sosialisasikan kepada seluruh pelajar di daerah ini sesungguhnya bertujuan untuk menjauhkan mereka, dari apa yang sedang berkembang melalui internet yang disebut berita dan informasi yang tidak jelas sifatnya (hoax), konten dan situs yang berbau pornografi, serta hal-hal yang sifatnya menjerat cara berpikir mereka untuk berbuat hal bersifat negatif,” katanya.
 
Maka dari itu, dalam sosialisasi ini diberikan arahan dan pelatihan bagian pelajar untuk membuat konten-konten positif melalui media sosial semacam laman pribadi, website dan blog.
 
Menurutnya, banyak agenda seni dan budaya yang digelar pemkab Jayapura, seperti, Festival Danau Sentani (FDS), Festival Bahari Teluk Tanah Merah, dan Festival Lembah Grime. Meng-up date informasi yang baik dan mengangkat potensi-potensi lokal tersebut justru akan bermanfaat daripada sekadar membaca dan meneruskan pesan tidak jelas dan memperkeruh situasi.
 
Salah satu pelajar SMK di Sentani, Michael Rumbarar mengaku medsos seperti facebook, twitter dan instragram sangat berpengaruh di kalangan pelajar. Medsos ini dijadikan media untuk mengakses dan meneruskan informasi.
 
Meski penggunaan medsos tergantung penggunanya, Michael berpendapat sebaiknya media ini dijadikan sarana pengembangan diri yang bermanfaat bagi masyarakat. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Jayapura komit menjaga persatuan dan kesatuan 

Selanjutnya

Masyarakat Jayapura jangan buat opini baru soal pilkada

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe