Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Perusahaan di Papua wajib perhatikan pekerjanya
  • Senin, 05 Juni 2017 — 18:32
  • 2411x views

Perusahaan di Papua wajib perhatikan pekerjanya

"Koordinasi antara provinsi, kabupaten dan kota harus terus dilakuan guna melakukan pengawasan tenaga kerja pada perusahaan baik milik swasta maupun pemerintah," kata Gubernur Papua Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.
Ilustrasi Tenaga Kerja - IST
Alexander Loen
Editor : Yuliana Lantipo
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua mengingatkan perusahaan-perusahaan swasta maupun pemerintah yang beroperasi di tanah Papua untuk memperhatikan jaminan pekerjanya.

"Koordinasi antara provinsi, kabupaten dan kota harus terus dilakuan guna melakukan pengawasan tenaga kerja pada perusahaan baik milik swasta maupun pemerintah," kata Gubernur Papua Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Ia menilai, jika hubungan industrial antara pekerja dan perusahaan berjalan baik, maka yang diuntungkan adalah kedua belah pihak. "Jika tenaga kerja tidak dikelola dengan baik, maka nantinya akan berdampak pada produktifitasnya di perusahaan," tambahnya.

Untuk itu, dengan adanya koordinasi dalam hal pengawasan tenaga kerja diharapkan dapat meminimalisir kasus-kasus yang merugikan pegawai atau karyawan.   

"Misalnya ada kasus ketenagakerjaan yang menimpa pegawai yang perusahaannya berdomisili di Kota Jayapura, maka akan ditangani oleh dinas tenaga kerja setempat, jika tidak dapat diselesaikan akan ditindaklanjuti di provinsi," kata Enembe.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengatakan dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) setiap perusahaan diharuskan mengurus jaminan sosial tersebut untuk para pekerjanya.

"BPJS saat ini sudah ada baik untuk ketenaga kerjaan maupun kesehatan. Untuk itu setiap perusahaan harus laksanakan itu," kata Yan.

Sedangkan untuk mengatasi masalah ketenaga kerjaan di Papua, ujar Yan, pihaknya akan merangkul seluruh stakeholder yang ada di Papua, guna memotifasi para pekerja.

"Kami harus merangkul mitra dan lembaga-lembaga serikat pekerja untuk bagaimana memotifasi para pekerja di perusahaan agar mereka bekerja dengan produktifitas yang tinggi, kemudian juga bagaimana aspek kesejahteraan dari pekerja itu sendiri," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemprov Papua terus kembangkan aparaturnya

Selanjutnya

Gubernur buka rakerda bupati dan walikota se-Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe