Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Hari lingkungan, Pemkab Jayapura tanam sagu
  • Selasa, 06 Juni 2017 — 17:52
  • 1109x views

Hari lingkungan, Pemkab Jayapura tanam sagu

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Deni Sembar mengatakan, United Nations Environment Programme (UNEP) telah menetapkan tema hari lingkungan tahun ini yaitu Conneting People To Natur (Berhubungan dengan alam). 
Pemerintah Kabupaten Jayapura dan masyarakatnya saat persiapan menanam sagu di Kampung Kwadeware – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Timoteus Marten

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Sentani, Jubi – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Jayapura menanam bibit sagu di Kampung Kwadeware, Distrik Waibhu untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setda Deni Sembar mengatakan, United Nations Environment Programme (UNEP) telah menetapkan tema hari lingkungan tahun ini yaitu Conecting People To Nature (Berhubungan dengan alam). 

Dengan itu, diharapkan dapat menemukan cara menarik, menyenangkan dan merasakan, serta menghargai hubungan antara manusia dan alam. 

Kabupaten Jayapura memiliki luas 17.516.6 km2 dengan 19 distrik. Sementara sumber daya airnya adalah laut, sungai, danau, tanah dan air hujan, yaitu Sungai Grime, Sungai Jawa, Sungai Memberamo, Sungai Serowai dan Sungai Wira yang bermuara ke Samudra Pasifik.

“Potensi yang sangat berharga dan sangat memungkinkan kita untuk tetap melestarikan tanaman sagu di daerah ini. Dengan membiasakan hal ini di tengah masyarakat, maka secara langsung kita juga telah memaksimalkan pemeliharaan kita terhadap ketersediaan bahan pangan lokal,” katanya di Kampung Kwadeware, Selasa (6/6/2017).

Pihaknya berharap agar apa yang ditanam hari ini dirawat dan dijaga, serta dilestarikan demi kehidupan selanjutnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku menyebutkan, areal yang digunakan untuk menanam sagu seluas 2 hektare dengan 400 pohon tanaman sagu.

Namun menurut dia seharusnya satu hektare 100 pohon dengan jarak tanam 10x10m. Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Papua. Lahan ini juga tidak hanya ditanami sagu saja, tetapi juga ditanami tanaman tumpang sari lainnya, seperti sayur-mayur, kacang-kacangan dan jagung.

 “Dengan demikian peta itu akan lebih mencintai lahan ini dengan terus menggarap sambil menunggu pohon sagunya dengan waktu panen karena sagu ini tanaman jangka panjang,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pangdam ajak generasi muda Papua jauhi narkoba dan minol

Selanjutnya

Pembangunan Pasar Pharaa diawasi Tim Saber Pungli

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4841x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4252x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4078x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3452x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2909x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe