Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Peringati HLH sedunia, Bupati Isaias Douw dorong regulasi sampah di Nabire
  • Selasa, 06 Juni 2017 — 18:09
  • 1158x views

Peringati HLH sedunia, Bupati Isaias Douw dorong regulasi sampah di Nabire

Keluhan terkait persoalan  persampahan  dan kebersihan Kabupaten Nabire  yang secara langsung mempengaruhi  kualitas lingkungan  yang sehat  menjadi sorotan Isaias Douw, Bupati Nabire.
Peserta upacara pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di lapangan upacara kantor Bupati Nabire – Jubi/Titus
Titus Ruban
Editor : Zely Ariane
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Nabire, Jubi – Persoalan sampah di Kabupaten Nabire adalah tanggung jawab bersama, namun Bupati Nabire mengakui bahwa ketentuan dan kebijakan terkait persampahan belum ada di kota itu sehingga harus segera disiapkan. 

Keluhan terkait persoalan  persampahan  dan kebersihan Kabupaten Nabire  yang secara langsung mempengaruhi  kualitas lingkungan  yang sehat  menjadi sorotan Isaias Douw, Bupati Nabire.

“Kita akui bahwa kententuan  yang  mengatur  tentang  lingkungan  dan  persampahan di Kabupaten Nabire  belum diatur secara terperinci, maka  perlu  saya  tegaskan  kepada  Organisasi  Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk  segera  saling berkoordinasi, menyiapkan   regulasi  tentang persampahan,” ujar Douw dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi, Pieter Erari dalam upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Selasa (6/6/17)

Regulasi tersebut, lanjutnya akan menjadi  landasan  hukum  bagi  aparat dalam  menindak  tegas oknum-oknum  yang tidak  bertanggung jawab terhadap  lingkungan  dan kebersihan  kota  Nabire. 

Di kesempatan itu Bupati juga mengajak masyarakat Kabupaten Nabire memaknai Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun  2017  dengan lebih mendalam. 

Tema HLH internasional terkait Connecting People to Nature atau Menyatukan Manusia dengan Alam, dikatakannya sebagai sarana  berpikir semua  orang untuk  bahwa  manusia  adalah  bagian  dari  alam semesta. Demikian pula tema nasional terkait Indonesia yang hijau dan sehat.

Bupati mengajak berbagai pihak Kabupaten Nabire agar peringatan  HLH  tahun  2017 baik di tingkat internasional dan nasional tidak dipandang sebagai seremonial belaka, melainkan dorongan dan motivasi untuk   kembali  berpikir  dan peduli terhadap  lingkungan  dan  kebersihan,  termasuk memerangi  sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire, Klemens Danomira mengimbau agar HLH Internasional diperingati dengan mewarat kota Nabire.

“Saya berharap dengan peringatan ini kita ke depan dapat menata dan merawat kota Nabire dengan lebih baik, termasuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat,” kata dia.

Terkait regulasi sampah, dia menjanjikan sedang dalam proses perancangan. “Kami sedang rancang agar segera diperdakan sebab selama ini sampah masih masuk dalam Perda No. 8 tahun  2013   tentang  Ketertiban  Umum  yang   mengatur  tertib  lingkungan. Maka kami akan berupaya agar perda ini bisa dapat berdiri sendiri,”tegasnya.

Ketua Panitia Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 Kabupaten Nabire, Yohane Ramandey di kesempatan yang sama menjelaskan beberapa kegiatan yang telah mereka lakukan. 

“Penghijauan  di jalur  hijau jalan  menuju Samabusa  dengan  menanam pohon Palm dan  Puring, penghijauan  di   air terjun Bihewa  di Lagari  bersama  Rapi , BFC  dan komunitas  pencinta  lingkungan  lainnya  serta  kerja  bakti  yang melibatkan  semua unsur  TNI/POLRI /PNS dan komunitas   di Pasar Karang Tumaritis,  Terminal Oyehe, Pasar   Kalibobo  dan Pasar  Sore  KPR  Siriwini,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Langkah Isaias Douw aktifkan Provinsi Papua Tengah didukung

Selanjutnya

Pengelolaan cagar alam Tanjung Wiay harus terpadu

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe