Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Kemitraan ENGIE-EVI senilai 240 juta dolar akan listriki 3000 kampung di Papua
  • Rabu, 07 Juni 2017 — 07:36
  • 1292x views

Kemitraan ENGIE-EVI senilai 240 juta dolar akan listriki 3000 kampung di Papua

Dalam 20 tahun akan menyediakan layanan listrik alternatif hingga ke 3000 kampung di seluruh Papua, menjangkau hingga 2,5 juta masyarakat selama 24 jam penuh.
Bryse Gaboury (EVI), Didier Holleaux (ENGIE), Isabelle Kocher (ENGIE) dan Hengki Monim (Operational Manager EVI Papua) bersama tim ENGIE setelah proses penandatanganan kesepakatan kerjasama - ENGIE Group
Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Jayapura, Jubi – Kemitraan antara ENGIE, perusahaan energi Perancis papan atas, dengan Electric Vine Industries (EVI), pengembang swasta energi microgrid (pengolahan energi matahari) senilai 240 juta dolar, mengklaim dalam 20 tahun akan menyediakan layanan listrik alternatif hingga ke 3000 kampung di seluruh Papua, menjangkau hingga 2,5 juta masyarakat selama 24 jam penuh.

Dilansir eco-business.com Senin (5/6/2017), kemitraan tersebut bertujuan untuk mengembangkan, mendanai, membangun, mengoperasikan dan memelihara apa yang disebut teknologi photovoltaic (PV) smart microgrids untuk listrik alternatif di Papua.

“Konsumen akan dapat membayar (tagihan) lewat telpon selular, dengan total investasi sebesar 240 juta dolar selama lima tahun ke depan,” demikian pernyataan resmi ENGIE.

Didier Holleaux, Wakil Presiden Eksekutif ENGIE Group, mengatakan, “Proyek ini kami kehendaki sebagai pelopor energi baru di dunia melalui inovasi dan kemitraan, merancang dan mengembangkan model energi baru yang di desentralisasi, didekarbonisasi, dan digitalisasi guna meningkatkan taraf hidup rakyat dan mendukung pertumbuhan kesempatan bisnis dan komunitas”.

Bryse Gaboury, Co-Founder dan CEO Electric Vine Industries juga menekankan bahwa kemitraan tersebut adalah lompatan penting bagi Electric Vine Industries, “sangat strategis bagi upaya kami menjangkau elektrifikasi di daerah pelosok Indonesia. Sekarang kami sudah didukung ENGIE, produsen listrik independen terbesar di dunia, dan kami sangat senang dukungan mereka akan membuahkan hasil bagi proyek ini,” ujarnya.

ENGIE adalah salah satu perusahaan energi kelas dunia yang bermisi untuk menyediakan akses energi berkelanjutan sekaligus peningkatan pendapatan kepada rumah tangga tanpa listrik di seluruh Asia Tenggara.

Sementara Electric Vine Industries mengaku telah mengoperasikan ujicoba microgrid sejak Maret 2015 di Papua dan menyediakan  250 orang dengan listrik 24 jam penuh selam satu minggu dalam dua tahun terakhir. Namun Evi tidak menyebutkan letak lokasi persis proyek pilot tersebut.

Proyek ini akan berkontribusi terhadap target pemerintah Indonesia melistriki 100% wilayah Indonesia hingga 2020. Rencana ini juga dikatakan telah mendapat dukungan dari pemerintah lokal.

Investasi kedua terbesar

ENGIE Group, perusahaan terbesar energi Perancis ini berinvestasi hingga 1.25 miliar US dolar di Indonesia dengan tiga kemitraan.

Dilansir Solar and Storage Finance Asia (4/4) investasi terbesar ENGIE bermitra dengan Sugar Group membangun proyek biomassa dan 500MW panel matahari di Sumatera dan Timur Indonesia selama lima tahun, termasuk ‘Taman Solar’ (taman untuk panel penyerap sinar matahari) 140MW di Lampung.

Sementara kemitraan ENGIE dengan EVI untuk membangun enegeri tenaga surya di Papua termasuk investasi terbesar kedua. Dan proyek tenaga surya 10MW senilai 15 juta dolar di NTT bermitra dengan PT Arya Watala Capital, yang akan berlokasi di 10 areal di Timor Barat, Flores dan Sumba.

Ketiga kemitraan ini adalah bagian kesepakatan Inisiatif Terrawatt, sebuah organisasi non profit yang diluncurkan oleh ENGIE saat COP21, dan ikut ditandatangani sebagai bagian dari kunjungan Presiden Perancis, Francois Holland eke Asia Tenggara akhir Maret lalu.(*)

loading...

Sebelumnya

Lawan Madura United, tiga poin harga mati

Selanjutnya

Terancam dipecat sebagai pelatih Persipura, Liestiadi malas berkomentar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe