Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Tahun depan calon mahasiswa STAIN Al-Fatah wajib UKBI
  • Rabu, 07 Juni 2017 — 08:05
  • 1114x views

Tahun depan calon mahasiswa STAIN Al-Fatah wajib UKBI

“Untuk tahun ini kami belum berlakukan karena kami juga baru mengetahui tentang pentingnya UKBI dalam dunia pendidikan, khususnya bangku perkuliahan,” katanya.
Peserta Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura – Jubi/ Roy Ratumakin
Roy Ratumakin
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Jayapura, Jubi – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura mulai mewajibkan calon mahasiswa baru memiliki sertifikat UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) mulai tahun depan.
 
Demikian disampaikan Direktur Pascasarjana Stain Al-Fatah Jayapura Dr. Khusnul kepada Jubi di Jayapura, Selasa (6/6/2017).
 
“Untuk tahun ini kami belum berlakukan karena kami juga baru mengetahui tentang pentingnya UKBI dalam dunia pendidikan, khususnya bangku perkuliahan,” katanya.
 
Khusnul menambahkan, hingga kini pihaknya baru memiliki 48 mahasiswa  pascasarjana yang telah mengikuti UKBI dan ke depan seluruh mahasiswa di Stain Al-Fatah akan diikutkan.
 
“Dalam waktu dekat untuk mahasiswa mulai dari semester II hingga semester akhir akan mengikuti UKBI dan kami sudah bekerja sama dengan Balai Bahasa Papua sebagai penyelenggara UKBI, harapannya nanti seluruh mahasiswa di sini sudah memiliki sertifikat UKBI,” ujarnya.
 
Dikatakan, mahasiswa yang merupakan calon-calon pemimpin di Indonesia harus tahu dan memahami tentang pentingnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ia juga berharap agar seluruh mahasiswa STAIN Al-Fatah tidak kalah dengan mahasiswa di luar Papua.
 
“Jangan kita mengejar TOEFL saja, tetapi kita melupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, bahasa kita harus dijunjung tinggi, bagaimana caranya? Ya, itu tadi mengikuti UKBI sehingga kita bisa mempraktekannya di kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” katanya.
 
Sebelumnya, Koordinator UKBI Balai Bahasa Papua Yulius Pagappong mengatakan,
hasil UKBI dapat menjadi faktor pertimbangan dalam penerimaan atau pengangkatan pegawai di instansi pemerintah maupun swasta.
 
“Karena cara atau teknik UKBI tak ubahnya dengan tes uji kemampuan berbahasa asing seperti halnya TOEFL yang selama ini justru lebih akrab di telinga orang Indonesia,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Imasepa Bandung gelar ibadah paskah dan buka bersama

Selanjutnya

Pengurus baru IKB PPM-Elima dilantik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe