Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pemkab Jayapura dorong petani gunakan peralatan canggih
  • Rabu, 07 Juni 2017 — 13:21
  • 881x views

Pemkab Jayapura dorong petani gunakan peralatan canggih

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pengelolaan sistem pertanian di daerah yang dipimpinnya tak lagi menggunakan cara-cara tradisional. 
Kepala Dinas Tanaman Pangan didampingi salah satu Kepala UPTD saat foto bersama dengan satu alat  pertanian berteknologi – Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura tengah mendorong para petani agar memanfaatkan fasilitas modern untuk menggarap dan mengelola lahan pertanian mereka. 

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pengelolaan sistem pertanian di daerah yang dipimpinnya tak lagi menggunakan cara-cara tradisional. 

“Zaman semakin berubah, teknologi semakin berkembang. Itu harus dimanfaatkan agar para petani yang ingin membuka lahan yang besar dan luas tidak perlu bekerja sekuat tenaga. Sekarang saatnya kita gunakan fasilitas modern, seperti traktor, mesin penggarap tanah sekaligus menanam bibit padi,” kata Mathius di Sentani, Rabu (7/6/2017).  

Ia bahkan mengharapkan agar fasilitas yang akan digunakan ini menjadikan petani berkemauan keras untuk mengolah lahan secara maksimal.

“Bayangkan saja kalau lahan yang besar lalu dikerjakan secara manual, pasti petani akan menunggu dan tahapan pengelolaannya pasti lama,” ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura Adolof Yoku menyebutkan, dinas yang dipimpinnya memiliki tiga Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di beberapa tempat. Sejumlah UPTD dilengkapi fasilitas penunjang untuk mengolah lahan pertanian. 

“Kita punya tiga UPTD, pertama untuk pembibitan khususnya untuk buah-buahan, kedua untuk palawija, pertanian dan unit pelayanan pertanian yang menggunakan mesin-mesin pertanian, dan ketiga untuk pangan lokal dan sayur-sayuran,” katanya.
 
Yoku melanjutkan, ada 25 unit mesin combain, 12 unit traktor roda empat, 12 unit hand traktor, mesin pengulas kacang tanah, mesin perontok (power treaser), mesin tanam, 25 unit mesin pompa air dan dilengkapi fasilitas penunjang untuk penelitian khusus di bidang pertanian.  

Dengan fasilitas modern, pembukaan lahan bagi petani yang tadinya seluas 1.300 hektare kini menjadi 1.600 hektare. Tahun ini pun akan ditambah lahan yang dikelola seluas 50 hektare. (*)

loading...

Sebelumnya

Masyarakat Jayapura diminta tunggu keputusan DKPP soal pilkada

Selanjutnya

MPI gelar lomba futsal satukan pemuda 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4059x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2692x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2558x views
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe