Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Kalimantan
  3. Perguruan tinggi se Kalimantan deklarasi anti radikalisme
  • Kamis, 08 Juni 2017 — 17:54
  • 1118x views

Perguruan tinggi se Kalimantan deklarasi anti radikalisme

Tarakan, Jubi - Seluruh perguruan tinggi baik negeri dan swasta se-Kalimantan melakukan deklarasi antiradikalisme di lingkungan kampus.
Ilustrasi. Jubi/CNN Indonesia
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Tarakan, Jubi - Seluruh perguruan tinggi baik negeri dan swasta se-Kalimantan melakukan deklarasi antiradikalisme di lingkungan kampus.

Deklarasi antiradikalisme itu diselenggarakan usai kuliah umum Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Universitas Borneo Tarakan, Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis, (8/6/2017)

"Ini merupakan yang ketiga, setelah di Jawa dan Sumatera," ujar Menristekdikti.

Dalam kesempatan itu, Menristekdikti menegaskan bahwa universitas dan rektor harus bertanggung jawab terhadap tindakan radikalisme di kampusnya.

Pihak Kemristekdikti sendiri sedang membuat peraturan bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam). Nantinya, yang mengawasi langsung adalah rektor.

Dalam peraturan yang ada seperti PP 53/2010 dijelaskan bahwa rektor maupun dosen yang terlibat radikalisme bisa diberhentikan.

Dalam kuliah umumnya, Menristekdikti juga mengingatkan agar civitas akademika Universitas Borneo Tarakan untuk menjaga kebersamaan dan kebhinekaan serta mencegah tumbuhnya bibit-bibit radikalisme.

Menteri Nasir menjelaskan bahwa Kemristekdikti telah mempersiapkan formula mencegah berkembangnya gerakan-gerakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, paham radikal, dan intoleransi di kampus melalui program "General Education".

Saat ini terdapat 4.498 perguruan tinggi di Indonesia dengan 25.548 program studi. Jumlah perguruan tinggi Indonesia ini lebih banyak dibandingkan jumlah perguruan tinggi Tiongkok yakni sebanyak 2.825 perguruan tinggi, padahal Tiongkok memiliki jumlah penduduk lebih besar.

Oleh karena itu, Menristekdikti berharap agar perguruan tinggi di Indonesia senantiasa meningkatkan kualitasnya

Rektor UBT Adri Paton dalam laporannya menyampaikan, Universitas Borneo Tarakan merupakan satu- satunya PTN di provinsi Kalimanan Utara.

UBT merupakan perguruan tinggi yang berada di daerah perbatasan dengan Malaysia, termasuk kategori daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). (*)

 

#

Sebelumnya

809 IUP di Kaltim berpotensi dicabut

Selanjutnya

Kurau jadi lumbung padi Kalsel

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe