Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Dipasok dari Nabire, harga ikan di Paniai naik 40 persen
  • Kamis, 08 Juni 2017 — 18:37
  • 1254x views

Dipasok dari Nabire, harga ikan di Paniai naik 40 persen

Ny. Rosmiati (31) pedagang ikan di Pasar Enarotali menyebutkan, jenis ikan yang mengalami kenaikan adalah ikan ukuran kecil yang sehari-hari menjadi konsumsi masyarakat, seperti ikan dencis (sardine), kembung, kakap, dan udang.
Seorang pembeli menanyakan harga ikan laut di pasar tradisional Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, Kamis, (8/6/2017). Di sini harga ikan laut mahal karena didatangkan dari Nabire– Jubi/Abeth You.
Abeth You
Editor : Syofiardi

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Paniai, Jubi - Harga jual ikan laut di pasar tradisional Enarotali, milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan terjadi sejak akhir tahun lalu karena ikan laut tersebut dipasok dari Kabupaten Nabire melalui jalan darat 250 km.
 
Ny. Rosmiati (31) pedagang ikan di Pasar Enarotali menyebutkan, jenis ikan yang mengalami kenaikan adalah ikan ukuran kecil yang sehari-hari menjadi konsumsi masyarakat, seperti ikan dencis (sardine), kembung, kakap, dan udang.
 
“Ikan dencis naik dari Rp25 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram,sedangkan ikan kembung dari Rp50 ribu menjadi Rp70 ribu,” kata Ny. Rosmiati kepada Jubi, Kamis, (8/6/2017).
 
Sementara untuk ikan kakap, menurutnya, harganya naik dari Rp100 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram. Udang juga mengalami kenaikan menjadi Rp150 ribu per kilogram.
 
“Secara keseluruhan ada kenaikan harga sekitar 40 persen,” lanjutnya.
 
Hal senada juga dikatakan pedagang ikan lain, Istiyah (27). Menurutnya, kenaikan harga ikan laut ini dipicu kenaikan harga dari pemasok ikan di Nabire.
 
“Ikan laut di Paniai ini didatang dari Nabire melalui jalur darat, jadi harganya naik sampai 30-40 persen, dari pemasok yang menaikkan, memang kondisi ini terjadi setiap tahun,” tukasnya.
 
Sementara, Siprianus, pembeli ikan mengatakan lebih baik membeli ikan Danau Paniai ketimbang ikan laut yang didatangkan dari daerah lain. Sebab, baginya ikan laut disimpan dalam lemari es berbulan-bulan, bahkan harganya membengkak.
 
“Ikan danau ini kan langsung tangkap, langsung jual, lebih baik kita beli ikan danau, kalau ikan laut satu ekor sudah Rp100 ribu, wah kita yang anggota keluarga banyak tidak bisa penuhi,” ujarnya usai membeli ikan danau di Pasar Enarotali. (*)

loading...

Sebelumnya

Harga ubi jalar masih normal di Pasar Enarotali

Selanjutnya

SPSI Mimika akan lakukan unjuk rasa terkait pekerja Freeport

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe