Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Kaledonia Baru siap selenggarakan pemilu
  • Minggu, 11 Juni 2017 — 15:46
  • 1082x views

Kaledonia Baru siap selenggarakan pemilu

Kampanye kian mendekati masa akhir dalam pemilihan parlemen nasional Prancis. Kaledonia Baru mempersiapkan diri menghadapi pemilu selama akhir pekan mendatang.
Kota Noumea./RNZI
RNZI
Editor : Lina Nursanty

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Noumea, Jubi – Kampanye kian mendekati masa akhir dalam pemilihan parlemen nasional Prancis. Kaledonia Baru mempersiapkan diri menghadapi pemilu selama akhir pekan mendatang.

Ada 21 kandidat yang akan memperebutkan dua kursi perwakilan Kaledonia Baru dalam parlemen Prancis. Sebanyak 12 kandidat di antaranya memperebutkan kursi daerah pemilihan Noumea dan Kepulauan Loyalty, sementara sembilan kandidat lainnya memperebutkan jatah kursi daerah pemilihan wilayah pedalaman di pulau utama negara tersebut.

Secara aliran politik, mayoritas kandidat berasal dari partai-partai antikemerdekaan, termasuk Front Nasional. Sementara kalangan prokemerdekaan telah memutuskan untuk melewatkan ajang pemilu parlemen Prancis karena mereka lebih memilih untuk mempersiapkan proses referendum untuk menentukan nasib sendiri bagi bangsa Kaledonia Baru demi meraih kedaulatan penuh dan merdeka dari Prancis.

Isu terpenting yang dibicarakan di kalangan pemilih yaitu masa depan teritori Kaledonia Baru setelah referendum yang akan berlangsung paling lambat November tahun depan. Kemungkinan besar masyarakat akan memanfaatkan ajang referendum untuk mengemukakan keinginan merdeka sesuai amanat Kesepakatan Noumea tahun 1998.

Isu-isu yang lain yaitu perang terhadap kejahatan kriminal dan upaya untuk memperbaiki performa ekonomi seiring menghadapi jatuhnya harga nikel sebagai komoditas ekspor utama dari teritori tersebut.

Saat ini, dua kursi di parlemen yang mewakili teritori Kaledonia Baru diduduki oleh para politisi dari Caledonia Together, yaitu Sonia Lagarde dan Philippe Gomes. Tak seperti Lagarde, Gomes kembali mencalonkan diri dalam ajang pemilu tahun ini.

Selama ajang kampanye pemilu parlemen selama ini semakin menunjukkan perpecahan internal di kalangan antikemerdekaan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Padahal, upaya mendamaikan antara keduanya telah diusahakan sejak lama oleh pengurus pusat di Paris. **

loading...

Sebelumnya

Pemimpin Hawaii tandatangani surat dukungan terhadap Kesepakatan Paris

Selanjutnya

Ratusan orang Pasifik bersaing menjadi warga Selandia Baru

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe