Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Di era kepemimpinan Lukmen 1.343 anak ikut program ADEM
  • Rabu, 14 Juni 2017 — 08:35
  • 662x views

Di era kepemimpinan Lukmen 1.343 anak ikut program ADEM

Selama kurun waktu 2013-2016, kata Wonda, program ADEM tersebar pada 39 perguruan tinggi negeri dan sekolah menengah terbaik di seluruh Indonesia. Ia tersebar di enam provinsi di luar Papua yakni Bali, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda (kanan) saat berbincang dengan Kepada Dinas Sosial, Ribka Haluk dan staf - Jubi Dok
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Jayapura, Jubi - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengklaim sebanyak 1.343 anak Papua telah berhasil mengikuti program afirmasi pendidikan menengah (ADEM) selama kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal.

Selama kurun waktu 2013-2016, kata Wonda, program ADEM tersebar pada 39 perguruan tinggi negeri dan sekolah menengah terbaik di seluruh Indonesia. Ia tersebar di enam provinsi di luar Papua yakni Bali, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

"Ini merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan perbaikan pada proses rekruitmen melalui seleksi ujian tulis dengan menggagas Program ADEM yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas input ke perguruan tinggi," katanya kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (13/6/2017).

Ia menjelaskan, peserta program afirmasi ADEM harus orang asli Papua dan dan telah lolos seleksi pada tingkat kabupaten dan kota dengan nilai tertinggi. Salah satu tujuan program ini untuk membantu peningkatan SDM di Papua.

Para peserta yang lulus ADEM akan melanjutkan program ADIK. Ia menilai program ADEM cukup berhasil dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Papua.

"Untuk 2017, pemerintah provinsi Papua akan kembali mengirim siswa ADEM sebanyak 350 orang, sementara yang sudah lulus sudah 60 orang lebih," kata Wonda.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Protasius Lobya mengatakan tahun ini provinsi Papua kembali mendapat kuota untuk program afirmasi ADEM. "Tahun ini tetap ada, pembekalan tetap dilakukan pemerintah pusat pada kabupaten/kota," kata Protasius.

Menurutnya, kabupaten/kota telah mendapat kuota program afirmasi ini, walaupun beberapa tahun lalu ada kabupaten yang tidak melakukan seleksi karena tidak ada yang mendaftar.

"Kuota itu sudah ada pada masing-masing kabupaten/kota, dan berapa tahun lalu ada beberapa kabupaten yang tidak ikut program ini," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Peserta diklat diharuskan bawa bukti kinerja

Selanjutnya

Pemprov Papua diminta satu suara gunakan UU Otsus

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4879x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2803x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2702x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe