Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Pemerintah Kolombia dan FARC upayakan lagi kesepakatan damai
  • Kamis, 06 Oktober 2016 — 08:04
  • 979x views

Pemerintah Kolombia dan FARC upayakan lagi kesepakatan damai

Kepala juru runding presiden, Humberto de la Calle dan Sergio Jaramillo, mengatakan bahwa dirinya kembali ke Havana pada Selasa (4/10/2016) dan melakukan pertemuan dengan kelompok Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) untuk melihat kemungkinan pembuatan kesepatan baru.
Rakyat merayakan penandatanganan kesepakatan damai pertama dalam sejarah konflik pemerintah Kolombia dengan FARC - time.com
ANTARA
Editor : Zely Ariane
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Havana/Bogota, Jubi - Pemerintah Kolombia dan gerilyawan Marxis, Selasa (4/10/2016), berada di Havana untuk kembali berunding setelah kesepakatan perdamaian hasil negosiasi berliku selama empat tahun ditolak melalui jajak pendapat rakyat Kolombia beberapa hari lalu.

Dalam pemungutan suara, yang hasilnya menjadi bencana bagi Presiden Juan Manusel Santos, rakyat Kolombia, Minggu (2/10) menolak kesepakatan karena dianggap terlalu lunak terhadap pihak pemberontak FARC.

Kepala juru runding presiden, Humberto de la Calle dan Sergio Jaramillo, mengatakan bahwa dirinya kembali ke Havana pada Selasa (4/10/2016) dan melakukan pertemuan dengan kelompok Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) untuk melihat kemungkinan pembuatan kesepatan baru.

Ibu kota negara Kuba, Havana, sejak 2012 menjadi tempat berunding bagi pemerintah dan kelompok pemberontak. Di kota itulah kesepakatan dicapai untuk mengakhiri perang 52 tahun di Kolombia, yang telah menewaskan sekitar seperempat juta orang.

Proses untuk menyelamatkan kesepakatan tersebut kemungkinan akan panjang dan sulit.

Menteri Luar Negeri Kolombia, Maria Angela Holguin mengatakan bahwa keputusan untuk secara resmi kembali ke meja perundingan berada di tangah FARC.

"Masalahnya adalah, sama seperti pemerintah yang melihat ada hal-hal yang bisa membuyarkan keinginan mencapai kesepakatan, di pihak FARC juga ada. Jadi harus kita lihat apakah (FARC) mempunyai keinginan untuk membuka kembali perundingan," kata Holguin kepada para wartawan.

Semua pihak, termasuk para pemilih yang menyatakan "Tidak", mengatakan mereka ingin mengakhiri perang dan kedua pihak bertikai telah melaksanakan gencatan senjata.

Namun, penentangan keras datang dari kalangan yang dipimpin mantan presiden garis keras Alvaro Uribe menyangkut dasar-dasar utama kesepakatan sebelumnya.

Keberatan terkait jaminan kursi di kongres bagi FARC dan pemberian kekebalan hukuman penjara bagi para pemimpin kelompok pemberontak.

Perundingan baru tampaknya akan bergantung pada pihak FARC jika mereka bersedia menerima syarat-syarat yang lebih berat, serta tuntutan yang melunak dari pihak Uribe

Setelah bertahun-tahun menolak untuk bertemu dengan para perunding, Uribe mengatakan sekarang ia bersedia mencari penyelesaian bersama.(*)

loading...

Sebelumnya

Harga minyak turun tipis setelah kesepakatan pemotongan produksi OPEC

Selanjutnya

Aktivis Hong Kong Joshua Wong ‘ditahan di Thailand’

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat