Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ibukota
  3. Polisi tahan tujuh tersangka calo haji ilegal
  • Kamis, 06 Oktober 2016 — 13:10
  • 1333x views

Polisi tahan tujuh tersangka calo haji ilegal

Polisi telah menahan tujuh dari sembilan orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemberangkatan jamaah haji ilegal menggunakan kuota haji negara Filipina.
Jemaah haji Indonesia. -- tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jakarta, Jubi - Polisi telah menahan tujuh dari sembilan orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pemberangkatan jamaah haji ilegal menggunakan kuota haji negara Filipina.

"Sudah tujuh (tersangka yang ditahan di Bareskrim)," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Agus Andrianto, di Jakarta, Kamis (6/10/2016). 

Sementara, dua orang lainnya yang belum ditahan polisi adalah tersangka HR karena ditahan Kepolisian Filipina dan seorang tersangka lainnya masih buron. Tersangka HR diduga bekerja perorangan, berbeda dengan para tersangka lainnya yang merupakan kelompok usaha perjalanan (travel). Peranan HR dalam kasus ini diyakini sebagai oknum yang menyiapkan fasilitas "exit permit" atau izin meninggalkan negara dengan persetujuan pemerintah setempat, dalam hal ini Filipina.

HR diketahui memiliki paspor ganda yakni Malaysia dan Filipina. 

Polisi sebelumnya sudah menetapkan sembilan orang tersangka dalam kasus pemberangkatan 177 calon haji asal Indonesia secara ilegal menggunakan kuota haji Filipina. Mereka adalah H, HR, Haji AS, BDMW, MNA, Haji MT,Haji F alias A, Haji AH dan ZAP. 

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 64 dan 63 UU No. 13/2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Menkominfo dan polri bahas aturan medsos

Selanjutnya

Polri selidiki penyebab para anggotanya bunuh diri

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe