Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Denda diselesaikan, proses hukum kasus Edison Matuan tetap jalan
  • Sabtu, 17 Juni 2017 — 08:39
  • 2749x views

Denda diselesaikan, proses hukum kasus Edison Matuan tetap jalan

Menurut Kapolres, kepolisian telah membayarkan denda adat atau santunan kepada keluarga korban sebesar Rp 400 juta pada 22 April 2017, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bahwa kasus ini diserahkan kepada kepolisian.
Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba ketika menunjukan bukti pernyataan dari keluarga korban Edison Matuan-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papu

Wamena, Jubi – Keluarga korban Edison Matuan atau Edison Hesegem (21), yang meninggal di tangan aparat kepolisian pertengahan Januari 2017 lalu, telah bersepakat berdamai dengan pihak kepolisian sambil tetap meneruskan proses hukum. 

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Reba mengonfirmasi hal tersebut kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (15/6/2017).

Menurut Kapolres, kepolisian telah membayarkan denda adat atau santunan kepada keluarga korban sebesar Rp 400 juta pada 22 April 2017, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bahwa kasus ini diserahkan kepada kepolisian.

“Keluarga korban, yakni orang tuanya sudah memberikan pernyataan dan menyerahkan kasus hukumnya kepada kepolisian untuk dilakukan penindakan hukum,” ungkap Reba.

Menurutnya, meskipun sudah ada surat pernyataan dari pihak korban kepada ketiga terduga pelaku penganiayaan yang merupakan anggota Polres Jayawijaya, tetapi proses hukum tetap jalan.

Proses hukum yang berjalan hingga saat ini, menurut dia sudah melewati sidang kode etik terhadap ketiga personel terduga pelaku tersebut sebanyak satu kali, dan dalam waktu dekat akan melanjutkan ke persidangan berikutnya.

“Tahap pertama sudah dilakukan sidang dan tinggal tunggu tahap kedua,” ujar Reba.

Dari perdamaian tersebut dicapai kesimpulan mengenai (denda) adat di Jayawijaya, dan tidak ada permasalahan lagi setelah diberikan santunan sebesar 400 juta rupiah sambil  proses hukum tetap berjalan terhadap terduga tiga personel Polres Jayawijaya yang melakukan kekerasan terhadap Almarhum Edison Matuan.

“Anggota yang melakukan tindakan proaktif tetap ditindak, karena tidak mematuhi standar-standar dalam menjalankan tugas, dan hal ini juga ditanggapi oleh komnas HAM termasuk Kompolnas, Apalagi kami sudah dipanggil khusus ke Jayapura beberapa waktu lalu,” tegasnya.

Kapolres menambahkan terdapat tiga anggota yang disidangkan, satu antaranya adalah pelaku utama dan dua lainnya ikut serta melakukan penganiyaan. 

“Sebenarnya korban ini juga adalah pelaku kejahatan dan pada saat ditangkap membuat perlawanan pada anggota dan dalam keadaan mabuk, sehingga dibutuhkan memang ke profesionalan anggota polisi dalam menindak hal-hal seperti ini,” terang dia.

Terpisah Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal juga menyatakan kasus kematian Edison sedang diproses secara hukum.

"Itu sudah diproses, anggota sudah di sidang etik kemudian diajukan ke pengadilan umum," kata dia kepada wartawan Jubi belum lama ini.

Edison Matuan diduga tewas akibat dianiaya berkali-kali anggota Polres Jayawijaya (11/1). Korban diduga melakukan pencurian dan ditangkap aparat polres lalu dianiaya hingga mesti dibawa ke RSUD Wamena.

Namun menurut keterangan saksi di RSUD Wamena ketika korban dalam perawatan medis pun penganiayaan masih dilanjutkan oleh oknum-oknum kepolisian tersebut, hingga menyebabkan korban akhirnya tewas.

Keluarga korban sebelumnya sempat menuntut denda polisi sebesar total 2,1 miliar rupiah. (*)

Sebelumnya

Pilkada 2018, DPP PSI masih menunggu masukan dari DPW

Selanjutnya

Mahasiswa Yakimo desak pengusulan wakil bupati

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe