Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Puluhan pengojek di Enarotali ikuti pemeriksaan HIV/AIDS
  • Senin, 19 Juni 2017 — 18:06
  • 827x views

Puluhan pengojek di Enarotali ikuti pemeriksaan HIV/AIDS

Bidang Penyuluhan HIV/AIDS Yapkema Ance Boma mengatakan, kegiatan tersebut difokuskan kepada pengojek karena mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok berisiko tinggi. Apalagi pengojek di Paniai lebih banyak datang dari luar Papua tanpa istri.
Ance Boma, bidang penyuluhan HIV/AIDS Yapkema memberikan sutra kepada seorang pengojek di sela-sela sosialisasi dan bahaya HIV/AIDS di TK/Paud Yegeka Bobaigo, Enarotali – Jubi/Ist.
Abeth You
abethamoyeyou@gmail.com
Editor : Syofiardi

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua
 
Paniai, Jubi – Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Pengembangan Kesejateraan Masyarakat (LSM Yapkema) Papua yang selama ini bergerak di wilayah adat Meepago prihatin dengan tingginya angka penularan HIV/AIDS di Papua, terutama di Meepago yang lebih banyak melalui hubungan seksual.
 
Untuk menangani itu, LSM Yapkema mengadakan dua kegiatan dalam sehari, sosialisasi bahaya dan pemeriksaan HIV/ AIDS kepada puluhan pengojek yang beroperasi di Enarotali, Paniai bertempat di aula TK/Paud Yegeka Bobaigo, Sabtu, (17/6/2017).
 
Bidang Penyuluhan HIV/AIDS Yapkema Ance Boma mengatakan, kegiatan tersebut difokuskan kepada pengojek karena mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok berisiko tinggi. Apalagi pengojek di Paniai lebih banyak datang dari luar Papua tanpa istri.
 
Ia mengatakan, kegiatan tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Enarotali atas dukungan KPAI dan PKBI dan didanai oleh Global Fund melalui program penjangkauan WPS.
 
“Agar ada perubahan perilaku bagi kelompok risiko tinggi ini dan dapat mencegah diri sejak dini,” ungkap Ance Boma ketika ditemui Jubi di kantor Yapkema Paniai, Senin (19/6/2017).
 
Boma menjelaskan, kegiatan tersebut dihadiri 28 pengojek. Ia berharap supaya peserta dapat mempromosikan manfaat dari tes HIV dan pengobatan dini melalui layanan dan penjangkauan.
 
“Serta mereka mampu memberikan informasi dan mengajak sesama pengojek ke layanan VCT Puskemas Enarotali maupun RSUD Paniai di Madi,” lanjutnya.
 
“Selain itu kami memperkenalkan fasilitas kesehatan yang tersedia di Paniai agar mereka ambil peran untuk mensosialisasikan pada penumpang maupun juga kepada teman-temannya."
 
Seorang  peserta, Akbar (32) mengaku telah memahami apa sebenarnya bahaya HIV/ AIDS, sebab hampir tiap waktu hanya mencari penumpang ketimbang melakukan pemeriksaan darah di Puskesmas ataupun RSUD.
 
“Kegiatan ini benar-benar membuat saya paham, ini sangat membantu apalagi kita langsung diperiksa, ini bagus,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemkab Paniai apresiasi Yapkema saat wisuda TK Yegeka

Selanjutnya

Perpustakaan dan Kearsipan Daerah promosi di FDS

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe