Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Spesies ikan baru ditemukan di Kaledonia Baru
  • Selasa, 20 Juni 2017 — 09:01
  • 1217x views

Spesies ikan baru ditemukan di Kaledonia Baru

Dua orang pemancing ikan menemukan spesies ikan baru di karang Tombo, dekat Noumea.
Spesies ikan baru ditemukan di Kaledonia Baru, Polyipnus Laruei. /RNZI
RNZI
Editor : Lina Nursanty
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Noumea, Jubi – Dua orang pemancing ikan menemukan spesies ikan baru di karang Tombo, dekat Noumea. Untuk menghormati kedua pemancing tersebut, nama spesies ikan dinamai sesuai dengan nama kedua orang tersebut, yaitu Pierre dan William Laruei.

Pada Juli 2014, Pierre dan William Laruei sedang menikmati waktu dengan cara memancing ikan di lepas pantai dekat karang Tombo seharian. Saat itu, mereka menemukan seekor ikan yang berbentuk aneh. Dengan panjang kurang lebih 5 centimeter, ikan tersebut berwarna perak dan sekujur tubuhnya hampir dipenuhi oleh kedua matanya yang besar.

Karena unik, Pierre dan William pun langsung mengambil ikan tersebut dan memotretnya. Ternyata, potret ikan tersebut diketahui oleh laboratorium kelautan Pacific Community di Noumea yang digawangi oleh ilmuwan kelautan sohor, Elodie Vourey.

Seorang ilmuwan kelautan senior di laboratorium tersebut, Valerie Allain mengatakan setelah studi yang lebih detail dan berlangsung selama kurang lebih tiga tahun, akhirnya para ilmuwan sepakat bahwa ikan tersebut tergolong spesies baru dan dinamai sesuai para penemunya, yaitu Polyipnus Laruei.

Dr Allain mengatakan bahwa penemuan ikan tersebut murni kebetulan. “Ikannya sekitar 5 centimeter, jadi ikan ini memang sangat kecil. Kesempatan atau keberuntungan menemukan ikan ini datang di waktu dan kondisi yang tepat. Sebab, bisa saja setelah beberapa jam di permukaan laut, ikan ini mungkin sudah disantap burung atau oleh ikan-ikan lagi. Jadi, menurut saya ini benar-benar keberuntungan dan kebetulan,” ujarnya.

Valerie Allain mengatakan, para ilmuwan sebelumnya pernah menurunkan tim untuk mencari spesies ikan seperti ini. Kini, mereka sedang mengumpulkan dan mencari specimen baru dari spesies ikan Polyipnus Laruei untuk penelitian lebih lanjut. **

 

loading...

Sebelumnya

Provinsi Gulf hanya miliki 26 anggota kepolisian

Selanjutnya

Tentara Australia bantu distribusikan logistik pemilu PNG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe