Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Dapat Rekor MURI, Bupati apresiasi Dinkes Nabire
  • Selasa, 20 Juni 2017 — 19:10
  • 1417x views

Dapat Rekor MURI, Bupati apresiasi Dinkes Nabire

“Kalau dari rumah ke rumah sangat efektif sebab petugas akan betul – betul mengetahui kondisi dan perilaku hidup masyarakat. Jadi bisa diukur sejauh mana problem kesehatan yang dihadapi keluarga,” tuturnya.
Penghargaan Rekor MURI yang diberikan kepada Pemkab Nabire atas keberhasilannya menurunkan angka penderita TB di kabupaten tersebut – Jubi/Titus Ruban.
Titus Ruban
Editor : Angela Flassy

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua

Nabire, Jubi – Bupati Nabire, Isaias Douw mengapresiasi penghargaan yang diberikan MURI kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire terutama bidang P2P yang telah berhasil menurunkan angka penderita Tubercolisis (TB) di daerah tersebut.

“Selaku pimpinan daerah saya sangat mengapresiasi dinas kesehatan dalam pelayanannya hingga menurunkan angka TBC. Ini merupakan terobosan yang luar biasa,” Bupati Isaias kepada Jubi di Nabire, Selasa (20/6/2017).

Menurut Isaias, pelayanan kesehatan seharusnya dilakukan melalui program doors to doors sesuai Program Presiden Joko Widodo “Keluarga Sehat”.

“Kalau dari rumah ke rumah sangat efektif sebab petugas akan betul – betul mengetahui kondisi dan perilaku hidup masyarakat. Jadi bisa diukur sejauh mana problem kesehatan yang dihadapi keluarga,” tuturnya.

Untuk itu, Bupati Isaias berharap Dinkes Nabire terus dapat meningkatkan pelayanan kesehatannya kepada masyarakat.

“Tingkatkan terus pelayanan kepada warga. Ini merupakan tugas dan tanggunggjawab yang harus kita berikan. Petugas harus ramah, senyum dalam memberikan pelayanan. Obat itu sangat perlu, tetapi kalau petugas senyum dan ramah, pasien pasti senang dan merasa nyaman,” ujarnya.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori, saat ditemui Jubi Selasa (20/6/2017), mengatakan Kesuksesan Pemkab Nabire menurunkan jumlah penderita Tubercolosis (TB) akhirnya menghasilkan penghargaan dari Museum Rekor dunia Indonesia (MURI) bertepatan dengan Hari Tuberkulosis Dunia yang jatuh pada 24 Maret 2017 lalu.

“Penghargaan ini seharusnya MURI berikan kepada Kementerian Kesehatan, akan tetapi Kementerian meneruskan kepada dinas di daerah. Sebab menurut Kemenkes yang bekerja itu adalah teman - teman di daerah,” ujar Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori, Selasa (20/6/2017).

Sayori menjelaskan, bersama lima daerah lainnya di Papua yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Biak, Kabupaten Nabire mendapatkan Rekor MURI untuk pemberantasan TB.

“Rincian program ini harus ada tim yang bergerak dari rumah ke rumah untuk mengecek orang yang dicurigai mengidap TB dan diberikan batas waktu dengan total target yang harus dicapai,” jelasnya.

Dinkes Nabire melalui program TBC dengan program ketuk pintu, berhasil menjaring pasien sesuai dengan target yang di minta dari provinsi dan Kementerian.

“MURI memberikan penghargaan kepada Kemenkes karena dalam jangka waktu yang singkat bisa menemukan orang yang dicurigai TB ataupun yang sudah TB yang cukup banyak,” jelasnya.

Ke depan Sayori berharap selain petugas turun ke lapangan untuk mengecek dari rumah ke rumah, tetapi pastisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberantas penyakit itu.

“Kalau ini petugas datang untuk tanya, kami harapkan masyarakat lebih proaktif dan menyadari untuk memeriksakan diri terutama kalau sudah batuk lebih dari dua minggu, berat badan menurun, nafsu makan menghilang,” harapnya. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Bupati dan Forkopimda Nabire lakukan Safari Ramadan

Selanjutnya

Safari Ramadan Bupati Nabire, hari kedua di Lagari

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe