Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Pemakaman kenegaraan bagi almarhum Presiden Baldwin Lonsdale
  • Jumat, 23 Juni 2017 — 07:54
  • 2864x views

Pemakaman kenegaraan bagi almarhum Presiden Baldwin Lonsdale

Sulit memperkirakan secara akurat jumlah orang yang menempuh rute sepanjang 6 kilometer tersebut, karena belum pernah terjadi iring-iringan sedemikian banyak dalam ingatan masyarakat. Raut kesedihan dan kekaguman tak terbatas di Vanuatu saja. Bersolidaritas pada bangsa ini, bendera berkibar setengah tiang kemarin di Australia, Selandia Baru dan di lokasi lain di seluruh kepulauan Pasifik.
Kesedihan merundung warga Vanuatu atas kematian Lonsdale – Vanuatu Daily Post
Pacific Islands Report
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Tetap No. 1 di Tanah Papua,

Port Vila, Jubi - Vanuatu belum pernah menyaksikan curahan kesedihan sekaligus kekaguman sebelum hari kemarin. Banyak yang hidup hari ini mungkin tidak akan dapat melihat hal seperti ini seumur hidup mereka.

Pemakaman Presiden Vanuatu, Baldwin Lonsdale, dihadiri oleh kepala negara dari Fiji, Selandia Baru dan Australia, yang diadakan di rotunda Parlemen, yang umumnya dikenal sebagai 'gading babi' karena arsitektur spiralnya.

Mereka bergabung bersama-sama pejabat dari China, Amerika Serikat, Tonga dan negeri-negeri lain.

Layanan pemakaman dilakukan oleh Uskup Melanesia, karena menghormati status Tuan Lonsdale sekalipun ia sebagai pendeta di Gereja Anglikan.

Di depan upacara berlangsung khidmat di hadapan Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai, para menteri dan anggota parlemennya.

Pemimpin Oposisi Ismael Kalsakau dan ratusan orang dari semua kalangan, paduan suara membuka kebaktian dengan membawakan lagu musikal Mazmur ke 23.

Di luar Parlemen, ribuan anak sekolah dan khalayak umum berbaris di jalan, menunggu iring-iringan keranda yang akan mengawal tubuh almarhum Presiden ke bandara, di mana ia akan diterbangkan ke kepulauan Banks, rumahnya.

Setelah kebaktian, peti mati Lonsdale dimuat ke bagian belakang sebuah truk flatbed yang dihiasi bunga dan bendera Vanuatu. Hal itu menyebabkan banyak kendaraan melewati jalan-jalan utama Port Vila.

Jalanan itu dilapisi bunga sepanjang rute jalur. Di daerah Manples, jalan dilapisi dengan bunga calicos berwarna cerah. Saat prosesi berlalu, para pedagang pasar menyanyikan lagu berbahasa Tonga bagi iring-iringan penghormatan figur yang paling dihormati setelah Bapak Bangsa Vanuatu Walter Lini, Perdana Menteri pertama negeri itu.

Sulit memperkirakan secara akurat jumlah orang yang menempuh rute sepanjang 6 kilometer tersebut, karena belum pernah terjadi iring-iringan sedemikian banyak dalam ingatan masyarakat.

Raut kesedihan dan kekaguman tak terbatas di Vanuatu saja. Bersolidaritas pada bangsa ini, bendera berkibar setengah tiang kemarin di Australia, Selandia Baru dan di lokasi lain di seluruh kepulauan Pasifik.

Jasad Lonsdale diterbangkan ke kepulauan Banks kemarin (21/6), dan upcara duka oleh masyarakat provinsi Torba hari ini (22/6). Tubuhnya akan disemayamkan di Sola, Vanua Lava besok (23/6).(*)

loading...

Sebelumnya

Portal PNGi diluncurkan, ungkap penyelewengan kekuasaan di PNG

Selanjutnya

Mr. Hon Amkat Mai berpeluang pertahankan jabatan Gubernur Sandaun

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe