Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Puluhan anak diare, Dinkes Merauke kirim tim ke Kimaam
  • Minggu, 02 Juli 2017 — 18:31
  • 1019x views

Puluhan anak diare, Dinkes Merauke kirim tim ke Kimaam

“Memang jumlahnya banyak, namun yang menjalani rawat inap di Puskesmas Kimam delapan orang. Sedangkan sisa lainnya, hanya rawat jalan,” ujar Bolang kepada wartawan Jumat (30/6/2017).
Masyarakat di daerah pedalaman Kimaam – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Jubi | Portal berita No. 1 di Tanah Papua

Merauke, Jubi - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Adolf Bolang menjelaskan, pihaknya telah mengirim tim untuk memberikan pertolongan sekaligus mengumpulkan sampel, terkait puluhan anak-anak yang terserang diare di beberapa kampung di Kimaam.

“Memang jumlahnya banyak, namun yang menjalani rawat inap di Puskesmas Kimam delapan orang. Sedangkan sisa lainnya, hanya rawat jalan,” ujar Bolang kepada wartawan Jumat (30/6/2017).

Anak-anak yang terserang diare, kata Bolang, sudah terjadi beberapa waktu lalu. Hanya jumlah semakin meningkat pada 26 Juni 2017. Selain anak-anak, juga beberapa orang dewasa terjangkit diare.

Sedangkan penyebab utamanya adalah akibat air minum yang tidak dimasak dengan baik. “Ini yang rentan muncul diare dan menyerang anak-anak,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, nantinya tim yang sudah berangkat kemarin, selain mengambil sampel, juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat di beberapa kampung, agar memperhatikan kebiasaan makan, termasuk mengkonsumsi air minum.

Bolang mengakui adanya laporan tentang meninggalnya seorang bayi. Hanya saja, belum dipastikan apakah meninggal akibat diare atau penyakit lain. “Saya belum dapat laporan secara pasti. Nanti tim akan berikan informasi setelah sudah di kampung-kampung,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu mengatakan, jumlah yang dirawat sekitar 30-an orang. Itu belum termasuk yang rawat jalan.

“Saya berharap dinas terkait segera mengambil langkah cepat. Sehingga diare tidak mewabah dan terjangkit kepada anak-anak lain,” pintanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Puluhan rumah kos terbakar, seorang bocah ikut terbakar

Selanjutnya

Tim Natalius Pigay dipastikan tiba Merauke bulan ini

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe