Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Dewan Keamanan favoritkan António Guterres jadi Sekjend PBB
  • Jumat, 07 Oktober 2016 — 07:08
  • 2209x views

Dewan Keamanan favoritkan António Guterres jadi Sekjend PBB

Guterres memenangkan 13 suara dukungan dan dua abstain, tanpa voting menolak. Kandidat di posisi kedua, Miroslav Lajčák dari Slowakia, mendapat tujuh suara dukungan dan enam suara penolakan. Kamis waktu setempat akan diputuskan apakah melakukan pemilihan formal kembali.
Antonio Guterres difavoritkan menjabat Sekjend PBB gantikan Ban Ki-moon oleh Dewan Keamanan PBB - wsj.com
Zely Ariane
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

 

Jayapura, Jubi - António Guterres, mantan Perdana Menteri Portugal, akan menjabat sekretaris jenderal PBB selanjurnya, setelah Dewan Keamanan PBB setuju dirinya menggantikan Ban Ki-moon di awal tahun depan.

Kelimabelas duta besar negara-negara di dewan keamanan bersepakat, secara cukup mengejutkan dan cepat,  mendukung Guterres jadi kandidat sekjend PBB. Guterres adalah Komisioner Tinggi bagi pengungsi di UNHCR selama sepuluh tahun.

Keputusan pemunguntan suara final akan dilakukan Kamis (6/10/2016) waktu setempat.

“Hari ini setelah jajak pendapat ke enam kami sudah memiliki pilihan yang jelas, yakni António Guterres,” ujar duta besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, didampingi keempat belas koleka lainnya. “Besok pukul 10 akan dilakukan pemilihan, dan kami harap dapat dilakukan dengan aklamasi,” ujarnya.

Keputusan untuk mengakhiri kompetisi jabatan kesekjenan PBB yang tiba-tiba di kalangan pemimpin PBB ini mengejutkan banyak orang.

Banyak pengamat menduga proses seleksi masih akan berlanjut hingga akhir Oktober nanti. Sebagian lainnya menyangka Rusia, yang saat ini menjabat presiden dewan keamanan, akan menghambat Guterres, karena pihaknya menghendaki figur dari Eropa  Timur untuk duduk di pimpinan puncak PBB itu.

Guterres memenangkan 13 suara dukungan dan dua abstain, tanpa voting menolak. Kandidat di posisi kedua, Miroslav Lajčák dari Slowakia, mendapat tujuh suara dukungan dan enam suara penolakan.

Kamis waktu setempat akan diputuskan apakah melakukan pemilihan formal kembali, namun jika dua suara abstain berubah pikiran dan mendukung Guterres, maka resolusi nominasi dirinya mencapai aklamasi. Nominasi tersebut kemudian dibawa ke Majelis Umum PBB yang akan memilih, atau justru paling mungkin, menegaskannya dengan aklamasi.

Sebagai pejabat badan pengungsi PBB, Guterres dengan konsisten terus meminta kesadaran masyarakat internasional atas krisis pengungsi dunia sejak perang dunia kedua, dan dia bersumpah akan tetap menjadi juru bicara bagi kaum tertindas jika ia menjabat sekretaris jenderal.

“Komitmen saya ini berdasarkan apa yang saya rasa selama memimpin UNHCR selama 10 tahun,” katanya saat sesi debat antar kandidat beberapa waktu lalu. “Anda tak bisa bayangkan tingkat penderitaan yang mereka rasakan,” kata dia.

Komitmen Guiterres yang menjanjikannya bertindak sebagai aktivis kemanusiaan juga membuat kemenangannya mengejutkan, khususnya karena Rusia dan Tiongkok selama ini tidak mendukung aktivis yang bersuara lantang di puncak kepemimpinan PBB.(*)

loading...

Sebelumnya

Dibayangi krisis, $152 triliun utang global tembus rekor dunia

Selanjutnya

Wabah Kolera hantui Haiti pasca Badai Matthew

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe