Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Penguatan SAKIP diharapkan beri efek positif
  • Kamis, 06 Juli 2017 — 18:42
  • 998x views

Penguatan SAKIP diharapkan beri efek positif

Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan untuk 2017, Pemerintah Provinsi Papua menargetkan pelaporan SAKIP mengalami kenaikan dari semula mendapat nilai CC ke B.
Suasana Penguatan SAKIP di lingkungan pemerintah provinsi Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Papua No. 1 News Portal I Jubi
 
Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) 2017, memberikan efek positif dalam penyusunan laporan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).
 
Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan untuk 2017, Pemerintah Provinsi Papua menargetkan pelaporan SAKIP mengalami kenaikan dari semula mendapat nilai CC ke B.
 
"Saya mengapresiasi kegiatan penguatan SAKIP ini, dengan harapan mampu memberikan efek positif," kata Elysa kepada wartawan usai membuka penguatan SAKIP lanjutan penyesuaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Perjanjian Kerja (PK) SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, di Jayapura, Kamis (6/7/2017).
 
Untuk wujudkan itu, dirinya menginstruksikan instansi terkait di lingkungan pemerintah provinsi, untuk mengkoordinir evaluasi bulanan maupun triwulan terhadap penyampaian SAKIP dari masing-masing SKPD/OPD.
 
Menurutnya, pihaknya bakal memprakarsai pembentukan tim kecil yang terdiri dari sejumlah SKPD guna mengevaluasi pelaporan SAKIP, yang mana rencana ini akan dibicarakan dengan Sekretaris Daerah Papua.
 
"Kalau beliau setuju kami akan segera bentuk. Intinya tim ini akan mengevaluasi semua mulai dari pelaporan SAKIP sampai kepada LAKIP. Sebab jika kita hanya mengharap Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Papua untuk bekerja saya kira belum akan maksimal," kata Elysa.
 
Dia menambahkan, pemerintahan sebelumnya setiap triwulan di kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah ada evaluasi yang dilakukan oleh tim bentukan pemerintah provinsi.
 
"Sehingga jika pak Sekda setuju, maka tim kecil ini akan segera bekerja supaya terbangun akuntabilitas melalui kelembagaan pengendalian kinerja, guna mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik di masa mendatang," katanya lagi.
 
Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan SAKIP sejajar LAKIP maupun Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), karena ini wajah pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Papua.
 
"Jika dilihat dari ranking, tentu pemerintah provinsi dan kabupaten/kota harus bekerja keras, supaya penyunan SAKIP 2017 semakin berkualitas, dan perlu bekerja sesuai dengan data dan perencanaan yang akurat," kata Elia. (*)

Sebelumnya

IPMNI minta Pemprov Papua turun tangan amankan konflik Nduga

Selanjutnya

SKPD diwajibkan melakukan pencermatan atas Program

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe