Festival Film Papua
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Sumatera
  3. Keranji bersyukur lewat upacara “Taber Laot”
  • Kamis, 06 Juli 2017 — 21:22
  • 360x views

Keranji bersyukur lewat upacara “Taber Laot”

"Laut telah memberikan kehidupan yang cukup baik bagi warga Dusun Keranji, Desa Rambat, Kecamatan Simpangteritip, melalui prosesi adat ini kami berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kelestarian laut,"
Upacara “Taber Laot” di Bangka. Jubi/Tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Muntok, Jubi - Warga Dusun Keranji, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mempersiapkan pergelaran upacara adat "taber laot" sebagai bentuk syukur atas hasil alam yang telah dinikmati selama setahun terakhir.

"Laut telah memberikan kehidupan yang cukup baik bagi warga Dusun Keranji, Desa Rambat, Kecamatan Simpangteritip, melalui prosesi adat ini kami berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kelestarian laut," kata panitia kegiatan Suhardi saat ditemui di Muntok, Kamis.

"Taber laot" atau pemanjatan doa bersama-sama disertai pelepasan perahu berisi serangkaian sesaji merupakan tradisi warga Desa Rambat yang selalu digelar setiap tahun Melalui ritual tradisional itu diharapkan seluruh warga mendapatkan keberkahan dalam aktivitas sehari-hari khusisnya saat mereka melaut.

"Secara turun temurun sebagian besar warga merupakan nelayan, ritual adat ini sebagai simbol rasa syukur kepada Sang Pencipta," kata dia.

Dalam ritual adat itu juga terkandung permohonan kepada Sang Pencipta agar para nelayan mendapatkan keselamatan dan dijauhkan dari berbagai bahaya selama melaut.

Salah satu prosesi yang akan dilaksanakan berupa pelepasan perahu berukuran sekitar 50x200 sentimeter yang sudah diisi sesaji, antara lain ayam, telur ayam, beras ketan hitam dan putih, nasi tiga warna, gaharu dan lainnya juga bisa dijadikan sebagai penanda arah aktivitas nelayan dalam satu tahun ke depan.

"Arah laju perahu itu kami jadikan sebagai penanda pemasangan bagan untuk menangkap ikan, kalau berlayar ke arah barat berarti tahun depan kami pasang bagan di sebelah barat," katanya.

Ketua Lembaga Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suhaidir Kojek memberikan apresiasi positif terhadap warga yang masih memegang tradisi itu sebagai bentuk komitmen terhadap kelestarian laut.(*)
 


 


 


 

#

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kampung adat harus dikelola secara profesional

Selanjutnya

Hari ini, serah terima jenazah kepada keluarga korban jatuhnya pesawat AMA

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe