Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Kapolda Papua ‘ambil alih’ negosiasi pekerja dengan PT. Freeport
  • Jumat, 07 Oktober 2016 — 22:47
  • 1353x views

Kapolda Papua ‘ambil alih’ negosiasi pekerja dengan PT. Freeport

“Negosiasi kemarin berlangsung hingga pukul 10 malam, tapi tidak ada titik temu,” demikian menurut informasi narasumber di Timika yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Jubi Jum’at (7/10/2016).
Susasana pertemuan pekerja PT. Freeport di salah satu hotel di Timika (7/10) dipimpin langsung oleh Kapolda Papua – Akun facebook Bern Okoseray
Zely Ariane
Editor : Victor Mambor
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Negosiasi antara pekerja PT. Freeport Indonesia (PTFI) dengan manajemen, Kamis (6/9) tidak mencapai titik temu. Pertemuan dilanjutkan hari ini, Jum’at (7/10/2016) di salah satu hotel di Timika, Kabupaten Mimika, dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Paulus Waterpauw.

Aksi mogok sebagian pekerja PTFI masih berlanjut hingga hari ini.

“Negosiasi kemarin berlangsung hingga pukul 10 malam, tapi tidak ada titik temu,” demikian menurut informasi narasumber di Timika yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Jubi Jum’at (7/10/2016).

Menurut dia titik temu penyelesaian masalah gagal disepakati karena pembahasan kemarin hanya menyangkut masalah teknik negosiasi bukan substansi masalah.

“Info terakhir katanya kapolda menginginkan ambil alih sebagai penyelesaian masalah,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Jubi Kamis malam (6/10).

Pertemuan lanjutan hari ini (7/10) dilakukan di salah satu hotel di Kota Timika ini dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Paulus Waterpauw, dihadiri juga oleh Dandim Mimika, Kapolres Mimika, Ketua DPRP Mimika dan Wakil Bupati Mimika. Dari pihak pekerja diwakili oleh 25 perwakilan orang, terdiri dari 12 pekerja dan 13 wakil SPSI.

“Pertemuan yang dipimpin Kapolda langsung, mungkin kaitannya dengan Kepres No. 63/2004 terkait Objek Vital Nasional . Jadi forum itu untuk mendengar keluhan-keluhan pekerja, lalu pihak Kapolda akan meneruskannya pada manajemen perusahaan, yang biasanya di bawah kepemimpinan Clementino Lamury (EVP Legal dan Public Affairs PTFI),  di  sesi tersendiri,” kata sumber sambil menambahkan di sela-sela pertemuan menurut informasi Kapolda sempat ‘break’ untuk berkomunikasi dengan Menkopolkam.

Hingga berita dituliskan, pertemuan masih membahas masalah-masalah pekerja yang selama ini terpendam hingga memicu aksi mogok tersebut.

 “Mereka (forum) masih menampung dahulu untuk proses kelanjutan nanti,” ujar sumber tersebut.

Sebelumnya sempat dikabarkan bahwa Staf Khusus Presiden, Lenis Kogoya, akan ikut memediasi aksi para pekerja, namun hingga saat ini belum ada tampak di langan, kata dia lagi.

“Para perwakilan pekerja menekankan leadership yang saat ini bertangung jawab (Carl Tauran, asli Ambon)  tidak layak untuk memimpin di Dept. Grasberg Operasional (GRS OPS), sehingga timbul mosi tidak percaya dan membuat pekerja sangat resah oleh gaya kepemimpinannya,” ujarnya.

Permasalahan dengan pimpinan DRS OPS tersebut menurutnya sudah berlangsung lama, dan yang bersangkutan sudah berkali-kali dipindahkan posisi tetapi masih membuat keresahan di kalangan pekerja.

Pihak manajemen PTFI yang dihubungi blm bisa memberikan komentar terkait pengambilalihan proses negosiasi ini.

"Saya sedang cuti pak. Nanti saya infokan lagi," kata Riza Pratama, Juru bicara PT Freeport Indonesia.

Aksi mogok yang masih berlangsung tersebut melibatkan ribuan pekerja, dan masih menunggu solidaritas dari departemen lainnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Penyelesaian HAM Papua, negara penanggung jawab bukan adat

Selanjutnya

ULMWP dijamin ‘Full Member’ di MSG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe