TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Pendidikan non formal menunjang pendidikan formal
  • Selasa, 11 Juli 2017 — 19:32
  • 1781x views

Pendidikan non formal menunjang pendidikan formal

“Sekolah formal juga sangat membantu meningkatkan mutu pendidkan formal. Jadi, orang tua di rumah jangan hanya tahu suruh anak pergi ke sekolah. Kasih uang jajan lalu anggap itu sudah cukup. Peran serta orang tua dalam mendidik anak pada pusat pendidikan non formal sangat dibutuhkan,” katanya.
Sekretaris Dinas Pendidikan Nabire Victor Tebai dan Kabid PL,S Dominikus Adii saat ditemui Jubi, Selasa (11/7/2017) – Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
[email protected]
Editor : Angela Flassy

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi – Pendidikan non formal sangat menunjang pendidikan formal bahkan membantu meningkatkan mutu pendidikan formal. Sebab itu orang tua para siswa diminta melibatkan anak-anak pada pendidikan non formal dan tidak hanya mengandalkan pendidikan formal.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, Victor Tebai saat ditemui Jubi, Selasa (11/7/2017). Menurutnya pendidikan non formal sangat mendukung mutu pendidikan itu sendiri.

“Sekolah formal juga sangat membantu meningkatkan mutu pendidkan formal. Jadi, orang tua di rumah jangan hanya tahu suruh anak pergi ke sekolah. Kasih uang jajan lalu anggap itu sudah cukup. Peran serta orang tua dalam mendidik anak pada pusat pendidikan non formal sangat dibutuhkan,” katanya.

Victor menjelaskan pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan yang didapat tidak secara formal melalui sekolah maupun perguruan tinggi, namun tetap memiliki struktur dan berjenjang.

“Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan yang bertujuan sebagai pengganti, penambah, serta pelengkap pendidikan formal yang diselenggarakan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah pusat atau daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan,” jelasnya.

Berbagai pendidikan nonformal sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan peserta didik antara lain: lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, majelis taklim, sanggar, dan lain sebagainya,

“Kalau orang tua mau anaknya pintar dan maju, mereka harus membantu anaknya di dalam belajar,” katanya.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (Pls) Dominikus Adii menambahkan ada dua tingkat pendidikan, yaitu formal dan juga pendidikan non formal.

“Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat. Anak belajar di sekolah itu formal tetapi di luar sekolah juga harus belajar, khususnya dengan orang tua atau lembaga resmi seperti PAUD, PKBM dan sebagainya,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Elia Loupatty : restorasi gambut perlu ada kesepahaman

Selanjutnya

Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire akan pantau dana BOS

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Mamta |— Minggu, 10 Juni 2018 WP | 3066x views
Otonomi |— Minggu, 10 Juni 2018 WP | 2927x views
Pilkada Papua |— Selasa, 12 Juni 2018 WP | 2494x views
Anim Ha |— Selasa, 12 Juni 2018 WP | 2401x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat