Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Separuh penduduk bumi kekurangan air bersih
  • Kamis, 13 Juli 2017 — 12:44
  • 845x views

Separuh penduduk bumi kekurangan air bersih

Jenewa, Jubi- Hampir sepertiga penduduk planet ini kekurangan akses ke air minum yang aman dan bersih, dan lebih separuh kekurangan kebersihan yang dikelola secara layak, demikian isi laporan terkini PBB yang disiarkan pada Rabu (12/7).
Ilustrasi. Jubi/Tempo
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syam Terrajana

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jenewa, Jubi- Hampir sepertiga penduduk planet ini kekurangan akses ke air minum yang aman dan bersih, dan lebih separuh kekurangan kebersihan yang dikelola secara layak, demikian isi laporan terkini PBB yang disiarkan pada Rabu (12/7).

Berdasarkan jumlah, laporan yang dikeluarkan oleh WHO dan UNICEF tersebut mengatakan hampir tiga dari 10 orang di seluruh dunia, atau 2,1 miliar, kekurangan akses ke air yang aman dan tersedia di rumah, dan enam dari 10, atau 4,5 miliar orang, kekurangan kebersihan yang dikelola secara aman.

Layanan kebersihan dan air minum yang dikelola secara aman berarti air minum yang tersedia di rumah bebas dari pencemaran ketika diperlukan, dan kotoran di toilet diolah dan dibuang secara aman, kata WHO.

Kendati miliaran orang telah memperoleh akses ke layanan kebersihan dan air minum dasar sejak 2000, layanan tersebut tidak perlu secara khusus menyediakan kebersihan dan air minum yang aman.

Air minum yang tidak sehat dan buruknya layanan kesehatan, jadi sumber utama resiko penyebaran penyakit seperti diare, kolera, disentri, hepatitis A dan tipus.

Laporan itu mencatat kemerosotan terus-menerus dan mencolok akan kualitas ketersediaan air bersih.

Dari 2,1 miliar orang yang tidak memperoleh air yang dikelola secara aman, 844 juta orang bahkan tak memperoleh layanan air minum dasar. Di 90 negara, kemajuan ke arah kebersihan dasar berjalan sangat lamban, yang berarti itu takkan mencapai cakupan menyeluruh sampai 2030.

"Kesehatan, kebersihan dan air yang aman di rumah tak boleh menjadi keistimewaan hanya buat mereka yang kaya atau tinggal di pusat kota," kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. "Ini adalah sebagian kebutuhan paling dasar manusia, semua negara memiliki tanggung jawab untuk menjamin bahwa setiap orang memperoleh akses ke semua itu." (*)
 

loading...

#

Sebelumnya

Hakim AS hentikan pemulangan pengungsi Irak

Selanjutnya

Tidak ada situasi genting, Perppu Ormas dinilai tidak relevan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe