Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. UP2KP nilai KPS di Papua berjalan baik
  • Kamis, 13 Juli 2017 — 18:30
  • 1366x views

UP2KP nilai KPS di Papua berjalan baik

Semua pengaduan dari masyarakat yang tidak mendapatkan layanan KPS dengan maksimal. UP2KP telah membuka pos pengaduan di lima kabupaten/ kota, di Kabupaten Nabire, Wamena, Biak, Merauke, dan Kota Jayapura.
Contoh Kartu Papua Sehat (KPS) – Jubi/ Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Papua No. 1 News Portal I Jubi
 
Jayapura, Jubi – Direktur Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP), Agustinus Raprap menilai, pelayanan Kartu Papua Sehat (KPS) untuk Orang Asli Papua (OAP) sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya OAP.

"Siapa bilang KPS tidak bermanfaat, sangat bermanfaat dan membantu sekali," katanya kepada wartawan di Jayapura, Kamis (13/7/2017).

Menurutnya, pada 2016 pelayanan KPS telah mencapai 100 persen. Proses layanannya dari pembiayaan, rujukan, dan pelayanan. Untuk 2016, pembiayaan pasien rujukan sebesar 11 kasus, rujukan 6 kasus, dan pelayanan 4 kasus.

Semua pengaduan dari masyarakat yang tidak mendapatkan layanan KPS dengan maksimal. UP2KP telah membuka pos pengaduan di lima kabupaten/ kota, di Kabupaten Nabire, Wamena, Biak, Merauke, dan Kota Jayapura.

"Pos pengaduan ini kami buka untuk mengakomodir masyarakat yang tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan melalui KPS dengan maksimal, karena keterbatasan alat medis oleh rumah sakit atau puskesmas yang dituju, misalnya di Kabupaten Nabire ada pasien yang dirujuk dari rumah sakit setempat ke Jayapura namun tidak mempunyai dana, kita bantu, yang penting masuk dalam kotak pengaduan," ujarnya.

Raprap menambahkan, pusat penerimaan pengaduan masyarakat berdiri sejak hadirnya UP2KP yang berlaku untuk 28 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua. Namun pihaknya juga tetap menerima pengaduan dari masyarakat yang berdomisili di Provinsi Papua Barat yang menggunakan KPS.

"Yang penting dia orang Papua, kita layani, karena sesuai dengan UU Otsus setiap OAP tidak terkecuali yang butuh pelayanan kesehatan kita akan bantu dengan dana Otsus," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Emergensi dan Respon UP2KP Darwin Rumbiak menambahkan, sejak tahun lalu hingga kini banyak masyarakat yang terbantu oleh KPS. (*)

Sebelumnya

Peminat SMAN 2 Jayapura membludak

Selanjutnya

Kematian lebih 30 balita di Distrik Tigi Barat akibat 7 jenis penyakit

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe