Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Legalitas senat universitas dinilai tidak sah
  • Jumat, 14 Juli 2017 — 18:55
  • 1699x views

Legalitas senat universitas dinilai tidak sah

“Perlu diketahui, dekan itu yang akan menjadi anggota senat universitas. Persoalannya adalah, ketika semua dekan dipilih rektor, jelas suka-tida suka, akan menjadi bawahan. Memang dalam struktur, dekan adalah bawahan rektor. Namun, pemilihan tak dilakukan rektor. Pemilihan dilakukan di tingkat fakultas dan nama diajukan ke rektor untuk ditetapkan,” katanya.
Sejumlah dosen dan staf di Unmus sedang berikan keterangan pers kepada para wartawan – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Merauke, Jubi - Seorang dosen senior di Universitas Negeri Musamus (Unmus), Dr. Basilius Redan Werang menegaskan, pembentukan senat universitas, harus melalui  aturan dan prosedur yang jelas.

Penegasan itu disampaikan Basilius saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di salah satu kafe di Kota Merauke, Jumat (14/7/2017). Dikatakan, sesuai aturan, para dekan dipilih senat fakultas dengan masa jabatan sama dengan rektor yakni empat tahun. Namun sayangnya, yang terjadi adalah pergantian dekan dilakukan setiap tahun oleh Philipus Betaubun.

Dengan demikian, lanjut dia, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2016 lalu menegaskan, legalitas senat tak sesuai dengan aturan. Karena setiap tahun terjadi pergantian dekan.

“Perlu diketahui, dekan itu yang akan menjadi anggota senat universitas. Persoalannya adalah, ketika semua dekan dipilih rektor, jelas suka-tida suka, akan menjadi bawahan. Memang dalam struktur, dekan adalah bawahan rektor. Namun, pemilihan tak dilakukan rektor. Pemilihan dilakukan di tingkat fakultas dan nama diajukan ke rektor untuk ditetapkan,” katanya.

Sama dengan rektor, dimana senat universitas memilih. Selanjutnya, mengajukan kepada menteri dan dikonsultasikan lagi ke Presiden RI untuk ditetapkan sekaligus dilantik.

“Oleh karena proses ini tak berjalan di Unmus, maka legalitas senat universitas dianggap tak sah. Kembali menjadi pertanyaan lagi, tahun lalu menteri sudah nyatakan tegas legalitas senat universitas tak sah, sehingga pemilihan rektor dibatalkan saat itu,” tegasnya.

Namun, lanjut Basilius, hingga sekarang, keanggotaan senat tak pernah mengalami perubahan. Masih orang yang sama. Lalu, kenapa sehingga pemilihan rektor dilakukan lagi tahun 2017. “Ini kan cacat hukum dan menciderai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Pemilihan rektor, jelas dia, dapat dilakukan, setelah  anggota senat universitas diubah terlebih dahulu. “Justru komposisi tak berubah dari tahun lalu, sehingga pemilihan itu hanya baku tipu,” kritiknya.

“Kami dosen tak punya kepentingan politik sama sekali. Kita bicara murni. Bagi kami akademisi, sangat tidak masuk akal proses pemilihan. Kami akan terima dengan ikhlas proses pemilihan jika komposisi senat universitas telah diubah,” ujarya.

Rektor Unmus terpilih, Philipus Betaubun melalui telpon selulernya menegaskan, semua orang harus baca peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) terlebih dahulu, sehingga menjadi lebih jelas.

“Saya menanyakan kembali kepada para jurnalis, apakah ada surat pembatalan senat  yang  dipegang?  Itu harus diperjelas terlebih dahulu. Kan, jelas tak ada surat pembatalan, sehingga kita jalan dengan regulasi yang ada,” katanya.

Dikatakan lagi, proses pemilihan Rektor Unmus, diarahkan langsung oleh Mendikbud RI. “Ada surat menteri untuk pemilihan rektor dan tak di-setting  Unmus. Memang pemilihan mendadak, tetapi itu dari kementerian. Kita di sini tidak tahu menahu,” tuturnya. (*)

Sebelumnya

Usir orang akibat produksi sopi, LMA kabupaten Merauke angkat bicara

Selanjutnya

Tim Pedulu Unmus Merauke desak Presiden RI batalkan pemilihan rektor

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe