Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bomberai
  3. LP3BH dan Kedubes Amerika bahas masalah HAM Papua
  • Selasa, 18 Juli 2017 — 08:50
  • 1489x views

LP3BH dan Kedubes Amerika bahas masalah HAM Papua

Dalam pertemuan, Senin (17/7/2017) Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy menjelaskan situasi HAM di Tanah Papua, khususnya di Manokwari dan Provinsi Papua Barat yang terus terjadi dan tak kunjung diselesaikan.
Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy (kiri) ketika foto bersama dengan pejabat politik Kedubes Amerika Serikat untuk RI – Jubi/IST
Timoteus Marten
timo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Pejabat Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Ms. Meredith L. Champlin dan stafnya mengunjungi Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari untuk bertukar informasi soal penegakan HAM di Papua Barat.
 
Dalam pertemuan, Senin (17/7/2017) Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy menjelaskan situasi HAM di Tanah Papua, khususnya di Manokwari dan Provinsi Papua Barat yang terus terjadi dan tak kunjung diselesaikan.
 
Meski demikian, Indonesia memiliki konstitusi dan undang-undang untuk menyelesaikan berbagai pelanggaran HAM, seperti kasus Wasior 2001, Wamena 2003, Paniai 2014 dan Sanggeng-Manokwari 2016.
 
“Kasus-kasus HAM belum diselesaikan karena Presiden Joko Widodo tidak mempunyai kemauan politik (political will) untuk menyelesaikan berbagai kasus HAM di tanah ini,” katanya seperti dalam rilis yang diterima Jubi di Jayapura, Senin.
 
Ia menjelaskan, Ms.Meredith L. Champlin juga menanyakan sikap pemerintah lokal di Papua Barat dalam konteks penegakan hukum dan perlindungan HAM.
 
“Pemerintah Provinsi Papua Barat saat ini di bawah kepemimpinan Gubernur Drs.Dominggus Mandacan belum menujukkan komitmen politiknya dalam mendorong penyelesaian pelanggaran HAM di Tanah Papua, khususnya dalam konteks reformasi hukum menurut Undang Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua (dan Papua Barat),” katanya.
 
Advokat dari LP3BH, Thresje Julianty Gaspez menjelaskan mengenai perkembangan proses persidangan soal permohonan uji materil (judicial review) pasal-pasal pidana makar dalam Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) di Mahkamah Konstitusi.
 
“LP3BH Manokwari terlibat sebagai bagian dari tim kuasa hukum para pemohon dan memfasilitasi sejumlah saksi dan ahli,” kata Thresje.
 
Sedangkan Advokat Simon Banundi menjelaskan mengenai keberadaan simpatisan dan anggota ISIS (negara Islam Irak dan Suriah) di Papua Barat dewasa ini.
 
Dijelaskan, di Sorong ada yang sudah ditangkap dan ditahan serta diinterogasi kepolisian setempat, sementara di Manokwari sudah diketahui keberadaan beberapa orang yang menjadi staf pengajar di perguruan tinggi nasional.
 
Direktur Eksekutif LP3BH dan timnya menjelaskan mengenai alasan diajukannya permohonan judicial review terhadap pasal-pasal makar di KUHP ke Mahkamah Konstitusi saat ini.
 
Tujuannya agar MK memutuskan untuk tidak digunakannya pasal-pasal pidana makar di KUHP tersebut oleh negara untuk menindas dan membatasi hak kebebasan berpendapat (freedom of speech) dan hak kebebasan berekspresi (freedom of expression) dari rakyat di atas Tanah Papua.
 
Selain itu, dijelaskan mengenai langkah LP3BH Manokwari dalam menetapkan tahun 2017 sebagai tahun dimulainya gerakan melawan lupa terhadap berbagai kasus pelanggaran HAM, yang sudah terjadi sepanjang 50 tahun di Tanah Papua tanpa pernah ada penyelesaian secara hukum oleh Pemerintah Indonesia.
 
Warinussy juga mendesak pemerintah Amerika Serikat dan dunia untuk mendukung dan menekan Pemerintah Indonesia untuk segera menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM di Tanah Papua. Ini sebagai bagian dari proses pembangunan demokrasi di negara ini yang senantiasa didukung oleh dunia internasional.
 
LP3BH Manokwari sebagai salah satu organisasi masyarakat sipil (civil society organization), yang berfokus pada upaya penegakan hukum dan perlindungan HAM di Tanah Papua senantiasa menjadi mitra strategis berbagai organisasi internasional dan pemerintah-pemerintah negara sahabat Indonesia melalui kedutaannya di Jakarta. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kapolres Kaimana ajak warga jaga kamtibmas

Selanjutnya

Stok daya listrik Kaimana 1 Megawatt

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe