Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Pemohon perbaikan akta anak datangi PN Jayapura
  • Rabu, 19 Juli 2017 — 09:36
  • 541x views

Pemohon perbaikan akta anak datangi PN Jayapura

“Selama ini banyak orangtua yang tidak terlalu memperhatikan bahwa pada saat mengurus akta kelahiran itu ada nama anaknya yang salah, dan salah hurufnya saja  sekarang harus ke pengadilan untuk minta penetapan,” katanya.
Pengadilan Negeri Klas 1A Jayapura, Abepura – Jubi/Agus Pabika
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Permohonan perbaikan akta kelahiran untuk anak mulai didatangi para orangtua di Pengadilan Negeri Klas 1A Jayapura untuk dilakukan atau mengeluarkan penetapan atas izin catatan sipil.

Hal tersebut disampaikan Panmud Perdata Pengadilan Negeri Klas 1A Jayapura, Sri Twi Yanti saat ditemui Jubi di ruang kerjanya, Selasa (18/7/2017).

“Selama ini banyak orangtua yang tidak terlalu memperhatikan bahwa pada saat mengurus akta kelahiran itu ada nama anaknya yang salah, dan salah hurufnya saja  sekarang harus ke pengadilan untuk minta penetapan,” katanya.

Ia menambahkan tidak hanya huruf nama anak tanggal dan bulan kelahiran. Nama orangtua pun harus diperbaiki dan mereka harus membuat permohonan ke pengadilan.

“Hampir berapa tahun ini permohonan perbaikan akta kelahiran yang banyak. Selain itu diikuti dengan kasus sengketa tanah dan perceraian,” katanya.

Selama tahun 2017, sebanyak 121 gugatan yang masuk ke pengadilan, termasuk kasus tanah dan perceraian, dan untuk permohonan 180, lebih kepada perbaikan akta kelahiran.

Sementara itu, warga Pasar Lama Abepura, Ahmat Soleh, mengatakan, dirinya ke kantor Pengadilan Negeri Jayapura di Abepura, untuk mengurus surat perbaikan akta kelahiran anaknya. Nama anaknya ternyata ditulis salah ketika membuat akta kelahiran pada 2017 awal bulan.

"Awalnya saya ke catatan sipil untuk mengubah nama akta lahir anak saya, tapi saya langsung ke pengadilan, karena saran dari teman untuk urus di situ. 

Katanya lebih mudah dan dekat. Jadi, saya datang dan urus di sini,” katanya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Masyarakat adat dilibatkan dalam pembangunan

Selanjutnya

Mahasiswa Yalimo dibekali sejumlah materi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe