Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Papua dapat kuota 173 CPNS
  • Rabu, 19 Juli 2017 — 18:19
  • 1999x views

Papua dapat kuota 173 CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, Nicholaus Wenda kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (19/7/2017), mengatakan formasi penerimaan CPNS tahun ini hanya diberikan kepada Provinsi Papua, Papua Barat dan Kalimantan Utara.
Ilustrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan kesempatan kepada masyarakat Papua yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS), yang mana tahun ini kuota yang diberikan sebanyak 173 orang. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, Nicholaus Wenda kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (19/7/2017), mengatakan formasi penerimaan CPNS tahun ini hanya diberikan kepada Provinsi Papua, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Namun yang harus diketahui, untuk Papua dan Papua Barat penerimaan CPNS merupakan penerimaan yang tertunda pada 2014 lalu, sementara Kalimantan Utara merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB).

"Yang perlu diketahui, penerimaan pegawai tahun ini bukan pencabutan moratorium, tetapi penerimaan pegawai yang tertunda. Jadi perlu dipahami baik-baik," katanya.

Ia menjelaskan, penerimaan pegawai untuk 3 provinsi ini sesuai hasil pertemuan dengan Kemenpan-RB belum lama ini. Kuota khusus Papua belum termasuk untuk penerimaan di wilayah kabupaten dan kota.

"Kabupaten dan kota akan melakukan perbaikan untuk diusulkan, karena penerimaan dilakukan sendiri," ucapnya.

Menurutnya, penerimaan kali ini akan lebih mengutamakan bidang pendidikan sebesar 35 persen, perawat 35 persen dan teknis 30 persen.

“Namun karena adanya arahan dari deputi MenPAN dan RB, maka penerimaan akan disusun kembali sesuai kebutuhan. Tetapi tidak ada penambahan kuota atau tetap 173 orang,” kata Wenda.

Mengenai jadwal pendaftaran, sampai saat ini belum dapat dipastikan. Sebab kabupaten dan kota dari tiga provinsi tersebut terlebih dahulu akan mengembalikan perbaikan formasi atau berkas kepada Kemenpan-RB.

"Penerimaan nanti akan dilakukan secara online atau chat. Untuk itu, kami harap kabupaten dan kota dapat memperbaiki usulan dengan baik sebelum diusulkan kembali untuk selanjutnya dilakukan penerimaan.

“Penerimaan ini kami sudah laporkan kepada Pak Sekda,” terangnya.

Dia menambahkan, adanya penerimaan pegawai yang diberikan kepada Provinsi Papua tidak lepas dari upaya Gubernur Lukas Enembe yang selama ini telah memperjuangkan agar dilakukan penerimaan pegawai yang tertunda pada 2014.

"Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat dan merupakan perjuangan Gubernur Papua yang selama ini didorong melalui DPR," ucapnya.

Secara terpisah, Ichad, warga Kota Jayapura mengaku gembira dengan adanya kabar penerimaan CPNS, pasalnya sejak 2014 hingga saat ini tidak ada penerimaan karena adanya moratorium dari pusat.

"Kami harapkan penerimaan kali ini dilakukan secara terbuka dan tidak ada kecurangan, sehingga anak-anak Papua benar-benar terakomodir," kata Ichad.

Ichad mengusulkan agar dalam penerimaan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota bisa membentuk tim khusus atau satgas yang tugasnya untuk mengawasi, meskipun semua dilakukan secara online. (*)

Sebelumnya

LAPAN sosialisasi pemanfaatan citra satelit

Selanjutnya

Papua siap berkontribusi atasi perubahan iklim

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe