Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Bisakah Papua tuan rumah PON 2020?
  • Jumat, 21 Juli 2017 — 14:20
  • 1276x views

Bisakah Papua tuan rumah PON 2020?

Memang banyak pihak meragukan kesiapan Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON 2020 yang tinggal tiga tahun lagi. Stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan direncanakan selesai dibangun pada Desember 2018. Ini berarti butuh setahun untuk segera menuntaskan stadion ini untuk upacara pembukaan dan penutupan PON Papua 2020.
Ilustrasi Stadion Papua Bangkit - IST
Dominggus Mampioper
dominggusmampioper@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi- Fakta menunjukkan bahwa event olahraga selalu mendorong kemajuan suatu wilayah menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru. Kesuksesan Persipura di ajang Asia Football Confederation (AFC) mendorong pemerintah Provinsi Papua merenovasi Stadion Mandala ke level Internasional. Apalagi persyaratan AFC harus didukung pula dengan dua hotel berbintang empat dan bandara internasional.

Memang banyak pihak meragukan kesiapan Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON 2020 yang tinggal tiga tahun lagi. Stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan direncanakan selesai dibangun pada Desember 2018. Ini berarti butuh setahun untuk segera menuntaskan stadion ini untuk upacara pembukaan dan penutupan PON Papua 2020.

Tak heran kalau Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku sempat mengikuti rapat kabinet terbatas dengan Presiden Joko Widodo yang antara lain membahas program-program strategis nasional (PSN) yang ada di Provinsi Papua.

Gubernur Lukas Enembe yang didampingi Sekda Provinsi Papua T.E.A. Herry Dosinaen, dan Kepala Bappeda Provinsi Papua Muhammad Musaad kemudian mempresentasikan perkembangan PSN tersebut dan juga program strategis lainnya, yaitu persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Bumi Cenderawasih.

"Saya sudah menyampaikan pada rapat terbatas tersebut tentang kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam penyelesaian Program Strategis Nasional yang ada di Provinsi Papua, yaitu revitalisasi Bandara Sentani, PLBN Skouw dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Merauke, semuanya sudah dilaporkan," kata Lukas dalam siaran persnya yang diterima Antara di Jayapura, Rabu (19/7/2017) malam.

Gubernur Papua Lukas Enembe juga menambahkan, pihaknya telah mengusulkan agar ada keterlibatan pendanaan dari APBN dalam penyiapan sarana dan prasarana PON, di mana membutuhkan alokasi dana dari APBN di 2018 untuk pembangunan beberapa venue kurang lebih Rp1,66 triliun. 

Mimika Sport Complex (MSC)

Di antara venue persiapan PON di Papua, baru venue Mimika Sport Complex (MSC) yang sudah siap seratus persen untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 mendatang. MSC berdiri megah di lahan seluas 25 hektare di Kabupaten Mimika. 

Lokasi MSC tidak jauh dari Bandara Mozes Kilangin atau yang lebih dikenal dengan Bandara Internasional Timika. Berada di sebelah barat bandara, MSC menjadi venue untuk arena olahraga bulu tangkis, basket dan atletik. Kapasitas tribun stadion tertutupnya pun cukup untuk menampung kurang lebih 4000 penonton dan 75 peononton VIP. Sedangkan untuk stadion terbuka yang memiliki lapangan dan jalur lari jarak pendek-menengah memiliki kapasitas 950 penonton.

Selain itu di dalam komplek MSC juga terdapat asrama untuk atlet yang memiliki kapasitas 100 orang dan juga terdapat satu bangunan khusus untuk fitnes. Uniknya, untuk bangunan asrama dari jarak jauh terlihat memiliki desain seperti rumah Honai.

Pembangunannya membutuhkan dana yang tidak sedikit, setidaknya biaya yang harus dikucurkan mencapai 25 juta dolar AS atau sekitar 260 milyar Rupiah. Namun Pemerintah Daerah Mimika ternyata tidak sendirian dalam mengerjakan komplek olahraga ini, Pemda menerima venue ini sebagai sumbangsih PT Freeport Indonesia yang juga melakukan pembangunan fasilitas MSC.

Merauke

KONI Merauke menyiapkan pembangunan infrastruktur Stadion Katalpal yang diharapkan selesai secepatnya karena perkembangan sudah mencapai 40 persen.

“Area Katalpal ini cukup besar dengan master plan yang akan menjadi kompleks sport center yang dibuat bukan hanya sepak bola saja, tetapi juga untuk beberapa cabor. Perkembangan Katalpal sudah 40 persen dan saat ini sudah penimbunan dan tribun keliling sudah setengah, dan sudah dipagar dengan beton untuk pekerjaaannya,” kata Sekretaris KONI Merauke, Antonio Liberto kepada wartawan di Jayapura, belum lama ini.

Selain itu, di Kabupaten Merauke memiliki Gedung Olahraga (GOR) dengan berkapasitas 1.500 orang dan dapat digunakan untuk beberapa cabor.

Biak Numfor 

Pemerintah Kabupaten Biak opitimistis pembangunan venue PON dapat terselesaikan sebelum pesta olahraga empat tahunan itu digelar pada 2020 mendatang.

Untuk venue sementara masih dalam tahap pembebasan lahan. Di mana bertempat di Oridet dan Biak Timur dan, venue lain yakni menggunakan Bandara Kaisiepo untuk cabor Aero Modelling. "Kami sedang mengupayakan ke beberapa marga sebagai pemilik hak ulayat untuk selesaikan, kalau sudah selesai baru mulai pembangunan,” kata  Bupati Biak Numfor Ondy belum lama ini kepada wartawan di Jayapura.

Untuk pembangunan venue di Biak hanya satu saja yang dibangun lanjut Ondy sebab untuk penyisihan sepak bola masih menggunakan stadion Mandala atau stadion lama. “Jadi kalau untuk cabor Hoky gunakan stadion baru,” katanya.

Rencana ada lima cabor yang menggunakan satu venue. Sementara cabor hoki, dan penyisihan bola kaki dan aeromodelling.

Sekda Biak, Markus Masnembra mengatakan, anggaran untuk pembebasan lahan disesuaikan dengan kebutuhan. “Sesuai dengan apa yang disampaikan bupati biaya pembebasan lahan sudah dianggarkan dalam anggaran perubahan. Jadi posisi anggaran stand by nanti kalau dibutuhkan langsung dicairkan,” katanya.

Stadion Papua Bangkit 2018

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi saat buka bersama dengan Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Trikora Dok V Atas beberapa waktu lalu. Telah memaparkan persiapan pembangunan stadion Papua Bangkit. Kata dia pembangunan Stadion Papua Bangkit akan menjadi dorongan utama memicu pembangunan venue-venue lainnya. "Karena Stadion Papua Bangkit akan digunakan saat pembukaan dan penutupan PON 2020," katanya kala itu.
 
Dikatakan pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, bakal mampu menampung 40 ribu penonton. Dia menambahkan stadion ini direncanakan rampung pada Desember 2018 mendatang.

“Sehingga dengan penegasan ini maka PON di Papua sudah pasti jadi akan digelar dan dilaksanakan,” kata Yusuf Yambe Yabdi di depan Gubernur Papua dan para wartawan saat gelar buka bersama.

Dia menjelaskan untuk menunjang pelaksanaan PON di Papua, instansinya baru-baru ini telah mendapat “suntikan” dana tambahan dari gubernur untuk tahun anggaran 2018. "Dana ini bakal dipergunakan untuk menambah sekitar tujuh venue," katanya.

“Total anggaran yang ditambah oeh bapak Gubernur sekitar Rp900 milliar. Dengan harapan, bertambahnya tujuh venue ini, Provinsi Papua bakal lebih siap dalam menggelar pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Kadispora Papua menjelaskan Pemprov Papua akan lebih banyak menggunakan venue existing, seperti pertandingan judo yang rencananya dihelat di Aula SGO di Kloofkamp – Jayapura Utara.

“Sementara untuk pertandingan gulat, rencananya akan digelar di Aula Bapelkes, Padang Bulan Abepura. Lalu tenis meja dan anggar di Gedung Trikora Universitas Cenderawasih. Intinya kita pakai semua gedung yang ada,” katanya.

Meski ada pihak yang masih meragukan kesiapan PON Papua 2020 mendatang, Kadispora Papua menuturkan untuk venue ini tim dari KONI Pusat sudah datang melihat. "Mereka sudah memberi penilaian yang positif sehingga nanti venue-nya tinggal direhab saja tak perlu dibongkar semua," katanya.

Terlepas dari pro dan kontra soal tuan rumah Papua sebagai pelaksana PON 2020, masih terdapat tantangan mendesak pertama adalah pilkada serentak, di mana pilkada Gubernur Papua 2018 dan keseriusan semua wilayah kabupaten dan kota mendukung perhelatan akbar bersifat nasional di Papua untuk 39 cabang olahraga.

Apalagi sebelumnya, Wakil Ketua I KONI Pusat, Suwarno mengatakan tuan rumah PON 2020 di Papua bisa dipindahkan jika sampai 2018 venue tidak siap. Sejak peletakan batu pertama pembangunan stadion Papua Bangkit oleh Presiden Jokowi pada 2015 lalu, namun baru mulai dibangun 2017. 

Ia juga menyoroti karena belum ada tanda pembangunan venue di lima kawasan yakni Jayawijaya, Merauke, Mimika Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Sejauh ini baru Kabupaten Mimika, kota dan kabupaten Jayapura yang terlihat siap menghadapi pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Persipura susun kekuatan hadapi PS TNI

Selanjutnya

Tim sepak bola PPLP Papua dilepas menuju Riau

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe