Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pembangunan pabrik betatas dalam proses lelang
  • Jumat, 21 Juli 2017 — 14:19
  • 931x views

Pembangunan pabrik betatas dalam proses lelang

"Kami akan terus mengawal proses pembangunan. Apa pun kendalanya, pembangunan pabrik harus terealisasi. Jika pembangunan tahap awal sudah dilakukan, tentu ke depannya anggaran untuk kebutuhan lain akan menyesuaikan," kata Deerd.
Ilustrasi masyarakat Jayawijaya, Papua panen betatas (ubi jalar) - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Dominggus Mampioper

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi ekonomi, Mustakim mengatakan, rencana  pembangunan pabrik betatas (ubi jalar) di Arso, Kabupaten Keerom oleh Pemprov Papua kini dalam proses lelang.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengecek ke unit layanan pengadaan (ULP) Provinsi Papua dan kini pengerjaannya sudah masuk dalam proses lelang.

"Terakhir kami cek, proses sudah masuk ke ULP Provinsi Papua untuk proses pelelangan pekerjaan fisik pembangunan pabrik," katanya, Kamis (20/7/2017).

Menurutnya, tahun ini Pemprov Papua telah menganggarkan untuk pembangunan pabrik dan jalan menuju lokasi. Anggaran senilai Rp7 miliar untuk pembangunan pabrik, ada di Disperindag Provinsi Papua dan Rp3 miliar yang akan dipakai untuk pembangunan jalan menuju lokasi pabrik dikelola Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua

"Kami minta Disperindag, kalau proses lelang telah rampung, segera melaksanakan pekerjaan fisik," ujarnya.

Katanya, masyarakat telah menanti pembangunan pabrik betatas itu, karena beberapa tahun lalu dinas terkait terkait telah memprogramkan menggalakkan penanaman batatas.

"Sekarang masyarakat sudah menanam, karena pabriknya belum jadi, akhirnya terjadi over produksi. Awalnya tujuannya baik, tapi di akhir menyusahkan masyarakat karena hasil panen mau dijual ke mana," katanya.

Ketua Komisi II DPR Papua, Deerd. Tabuni mengatakan, pabrik akan dibangun di lahan seluas 10 hektare. Sejak tahun 2008, Kementerian Perindustrian telah memberikan bantuan mesin pengelolaan ubi jalar menjadi tepung kepada Pemprov Papua.

"Kami akan terus mengawal proses pembangunan. Apa pun kendalanya, pembangunan pabrik harus terealisasi. Jika pembangunan tahap awal sudah dilakukan, tentu ke depannya anggaran untuk kebutuhan lain akan menyesuaikan," kata Deerd.

Keberadaan pabrik nantinya lajut Deerd, diharapkan dapat menampung hasil perkebunan masyarakat untuk diolah menjadi berbagai bahan pangan. (*)

Sebelumnya

Tim sukses diingatkan harus mampu meredam pendukungnya

Selanjutnya

SP PAMSIMAS Papua desak PT Miranthi revisi kontrak karya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe